Bot Pukat Melaboh Ternggelam di Perairan Aceh Jaya, 9 Awak Selamat.

  • Whatsapp
Puing Bot Pukat Payang KM Doa Mama milik nelayan Meulaboh, Aceh Barat diinformasikan tenggelam di perairan laut Teunom – Panga, Aceh Jaya, Senin (29/7/2019) (Foto/ Ist)

REPUBLIKACEH.com| Calang – Satu unit Bot Pukat Payang KM Doa Mama milik nelayan Meulaboh, Aceh Barat diinformasikan tenggelam di perairan laut Teunom – Panga, Aceh Jaya, Senin (29/7/)

“Dari informasi yang kami dapat dari anggota RAPI Meulaboh, Boat Panyang KM Doa Mama itu mengangkut sembilan personil yang tenggelam di peraian laut antara wilayah Teunom dan Panga, Aceh Jaya,” tutur Rizal Dinata, Ketua RAPI Aceh Jaya, Rizal Dinata kepada republikaceh.com

Sementara itu, lanjutnya, Tim BASARNAS juga telah bergerak ke lokasi melalui laut dari Meulaboh dengan mengunakan Sireder (raber boot 400 pk) untuk mengevaluasi korban para korban. 

“Hingga saat ini tidak ada korban jiwa, hanya mereka butuh bantuan pertolongan untuk di evakuasi segera,” jelas Rizal.

Selain itu, tambahnya, dari Aceh Jaya untuk langkah awal juga sudah ditugaskan anggota Damkar Pos Teunom dan Damkar Pos Panga untuk memantau ke sepanjang pantai di wilayah mereka masing-masing.

Sementara, Kepala Pelaksana BPBK Aceh Jaya Mukhtaruddin melalui Destian Yusirfan, Petugas Pusdalops-PB kepada republikaceh.com menyampaikan, sesudah mendapat informasi dari warga tentang adanya kepala nelayan tenggelam di perairan Teunom maka langsung kita lakukan koordinasi dengan Pos Sar Melaboh guna untuk melakukan evakusi terhadap awak kapal. 

Ada pun, lanjut Destiam, Kejadian tersebut terjadi sekitar Pukul 13.00 Wib KN. Kapal tersebit tenggelam diduga kelebihan muatan setelah mencari ikan.

“Kemudian 2 awak kapal meminta bantuan kepada nelayan lain dengan menggunakan sampan sejauh 3 Nm dan bergerak ke Meulaboh untuk memberikan informasi bahwa terdapat 7 awak kapal lainnya masih terapung dan membutuhkan pertolongan,” terang Destian. 

Kemudian, tambah Destian, pada pukul 14.30 Wib, petugas dari Sar Melaboh langsung bergerak ke lokasi menggunakan RIB. Pada pukul 15.20 Wib, mengevakuasi ke 7 korban ke atas RIB.

“Pukul 17.15 Wib tim SAR gabungan tiba di kuala Meulaboh dan kini ke 7 korban selamat sudah diserahkan kepada pihak berwenang,” pungkas Destian.

Ada pun data ke 9 awak kapal yang berhasil di selamatkan oleh petugas Sar Melaboh sebagai berikut:

  1. Iskandar (40) Ds. Pasi Ujong Kalak.
  2. M. Yunus (45) Blang Berandang.
  3. Surfin (38) Komplek Carita.
  4. Malta (50) Pasi Ujong Kalak.
  5. Dedi (30) Jl. Swadaya.
  6. Asyimi (38)Blang Berandang.
  7. Rahmad (23) Sama Tiga.
  8. Barli (40) Komplek army.
  9. Yus (28) Kampung Belakang. (Al) 

REKOMENDASI