Gajah Obrak Abrik Perkebunan Warga di Aceh Jaya.

  • Whatsapp
Sejumlah kawanan gajah melintasi jalan perkebunan warga, (Foto/Ilustrasi)

Calang | republikaceh.com – Puluhan Gajah liar kembali memasuki perkampungan dan memasuk tanaman perkebunan milik warga di Desa Gampong Baroeh, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya dini hari, Minggu (4/7/2019).

“Kawanan gajah yang kembali memasuki perkampungan di daerah tersebut di perkirakan dalam jumlah banyak, bahkan tanaman milik masyarakat setempat seperti kebun kelapa sawit, durian, pinang, pisang dan berbagai tanaman lainnya menjadi sasaran,” tutur Khairandi, 34, salah satu masyarakat setempat kepada republikaceh.com.

Kawanan gajah ini, lanjutnya, telah menjadi ancaman bagi warga, bahkan atas kejadian itu tak sedikit warga trauma dan tidak berani bepergian ke kebun.

Sejumlah tanaman milik warga di obrak abrik oleh kawanan gajah di Gampong Baroeh Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya, Minggu, (4/8/2019) (Foto/Ist)

Menurutnya, kawanan gajah yang masuk ke pemukiman dan kebun warga telah disampaikan ke pihak Polhut Aceh Jaya agar bisa melihat kondisi di lahan perkebunan akan tetapi hingga saat ini belum ada respon sama sekali dari pihak polhut maupun pihak dinas lain.

“kami berharap pada pihak Polhut dan Dinas lain seperti BKSDA agar bisa menghalau kawanan gajah yang mulai memasuki perkampungan dan merusak tanaman milik masyarakat, ungkap Khairandi.

Sementara, Armidi Kepala Polhut Aceh Jaya saat dihubungi melalui via selulernya kepada menjelaskan jika dirinya telah menerima informasi dari masyarakat tentang kawanan gajah memasuki perkampungan dan perkebunan milik warga di Desa Gampong Baroeh, Aceh Jaya.

Menurutnya, perihal tersebut saat ini telah menyampaikan ke Pihak BKSDA Provinsi Aceh, dalam hal ini pihak NGO CRU untuk dilakukan penanganan gajah karena itu bidang mereka.

“Kita telah menyampaikan ke pihak BKSDA Aceh terhadap kawanan gajah tersebut dalam hal ini tim NGO CRU dan hari ini kita akan menijau kelokasi,” imbuh Armidi ( 4L ) 

REKOMENDASI