Kebiasaan Hidup Vegan Sehat ini Wajib Diadopsi

  • Whatsapp

republikaceh.com | Sulit meyakinkan semua orang untuk menjadi vegan. Namun, kita semua bisa menikmati beberapa manfaat menakjubkan dari pola makan nabati tanpa meninggalkan makanan hewani. Banyak penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan makanan nabati biasa meningkatkan kesehatan.

Berikut ini beberapa kebiasaan vegan tersehat yang harus Anda adopsi, bahkan jika Anda suka daging, seperti dilansir laman Care2, Senin (5/8).

BACA JUGA

1. Makan lebih banyak protein

Ganti protein daging dengan protein nabati sekali atau dua kali seminggu. Mendapatkan protein dari kacang, lentil, kacang tanah, dan edamame akan menambah serat, vitamin, dan mineral ke dalam makanan Anda. Menurut penelitian, makanan berbahan dasar kacang sama seperti makanan berbahan dasar daging.

2. Baca label makanan

Vegan harus membaca label makanan untuk menghindari bahan-bahan seperti susu, daging, dan telur. Hal ini bisa membantu Anda menghindari bahan-bahan berbahaya seperti gula tambahan, lemak tidak sehat dan pemanis buatan. Usahakan untuk membaca setiap makanan kemasan yang Anda beli. Mungkin sedikit memakan waktu, tetapi hal ini akan sangat meningkatkan kesehatan Anda. 

3. Prioritas veggie

Makan sayur terakhir adalah kesalahan, karena Anda bisa membiarkannya di atas piring jika makanan lain membuat Anda kenyang. Selain itu, sedikit porsi sayuran mungkin tidak cukup untuk meningkatkan kesehatan Anda. Perubahan diet yang mudah ini bisa meningkatkan kesehatan Anda, bahkan jika Anda tidak bisa berhenti makan junk food.

4. Makan lebih banyak probiotik

Yogurt adalah makanan kaya probiotik utama bagi sebagian besar non-vegan, dan seringkali mereka tidak menikmati manfaatnya karena yogurt mengandung zat tambahan, seperti gula, yang membatalkan probiotik

5. Gunakan lebih banyak herbs dan spices

Kebanyakan vegan harus menggunakan bumbu dan rempah-rempah, karena mereka tidak bisa membumbui hidangan mereka dengan mentega, keju, dan bacon. Nah, herbal dan rempah-rempah adalah pilihan yang jauh lebih baik untuk kesehatan Anda.  Mereka juga membantu jika Anda mencoba menurunkan berat badan, karena mereka tidak mengandung kalori. Rempah-rempah yang bervariasi ini bisa membuat makanan Anda terasa unik, bahkan ketika Anda menggunakan bahan yang sama.

6. Snack makanan berbasi tanaman

Karena berhenti ngemil mungkin sulit, pilihlah camilan nabati. Ngemil buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran akan menjaga asupan kalori Anda tetap terkendali. (jpnn.com)

REKOMENDASI