Jamaah Salat Idul Adha di Masjid Raya Baiturrahman Membludak

  • Whatsapp
Masjid Raya Baiturahman, Banda Aceh, nyaris tak mampu menampung bludaknya jamaah shalat Idul Adha 1440 H, Minggu (11/8/2019. (Foto/Aldin NL)

Banda Aceh |Republikaceh.com – Masjid Raya Baiturahman, Banda Aceh, nyaris tak mampu menampung bludaknya jamaah shalat Idul Adha 1440 H, Minggu (11/8/2019.

Areal masjid yang begitu luas, “banjir” jamaah yang datang dari berbagai kota dan pelosok desa. Diperkirakan belasan ribu jamaah shalat Idul Adha memadati bagian dalam masjid hingga halaman luar masjid yang menjadi maskot masjid kota tua tersebut.

Jamaah yang hadir lebih awal, beruntung bisa mendapat tempat di dalam masjid. Tapi bagi yang datang menjelang pelaksanaan shalat pada pukul 07.45 WIB, harus rela shalat di taman sekitar masjid.

Sedangkan halaman masjid yang difasilitasi sejumlah payung “raksasa” untuk melindungi jamaah dari sinar matahari, sudah lebih dahulu padat.

Cuaca Banda Aceh, Minggu pagi tadi cukup cerah. Meski satu hari sebelumnya (sore hingga malam Minggu), langit mandung gelap dan awan hitam bergulung di langit kota gemilang itu.

Benar saja, sore menjelang magrib, hujan turun dengan lebat hingga sekitar pukul 22.00 Wib malam.

Ustadz Nasrul Aidi, dalam khutbahnya mengkilas balik sejarah hari raya qurban  atau Idul Adha, yaitu yang merupakan syariat dari Nabi Ibrahim AS.

Sebelumnya pihak panitia masjid raya melaporkan, para pejabat daerah, lembaga hingga sekolah, menyumbang sapi untuk qurban di masjid kebanggaan warga Aceh tersebut.

Usai khutbah pukul 08. 20 WIB, dilanjutkan memotong hewan qurban di samping halaman masjid.

Plt Gubernur Nova Iriansyah didampingi sejumlah pejabat, termasuk Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, ikut memotomg hewan qurban (sapi) secara simbolis. (Waspada Aceh)

REKOMENDASI