Bunda Paud Diminta Tingkatkan Mutu Pendidikan di Abdya

  • Whatsapp
Bunda Paud Kabupaten Abdya,Agustina,S.Pd Akmal saat memberikan sambutan pada acara pembinaan bunda paud sekabupaten, Kamis ( 22/8 ) ( Dok/ Mustafa )

Blangpidie | republikaceh.com – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Ida Agustina ,S.Pd meminta kepada seluruh bunda paud di desa untuk terus tingkatkan mutu pendidikan kepada anak didik.

Hal itu diungkapkannya, saat memberikan sambutan pada acara pembinaan Bunda Paud se-Kabupaten yang diselenggarakan oleh bidang pembinaan paud dan non formal Dinas Pendidikan Abdya yang berlangsung di Aula Bappedda setempat, Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie, Kamis (22/8)

BACA JUGA

Menurutnya, apapun hebatnya seseorang anak maupun dirinya menjadi presiden, kalau tanpa dorongan dari bunda paud dan orang tua, hal itu tidak pernah sukses.
Ida Agustina menyebutkan, keberhasilan anak usia dini merupakan landasan bagi keberhasilan pendidikan pada jenjang berikutnya.

“Usia dini merupakan usia emas bagi seseorang. Artinya, bila seseorang pada masa itu mendapatkan pendidikan yang tepat bagi pertumbuhan dan pengembangan jasmani maupun rohaninya, maka ia akan memperoleh kesiapan belajar yang baik dan merupakan salah satu kunci utama bagi keberhasilan belajar pada jenjang berikutnya,” paparnya.

Selain itu, tambah Ida, PAUD juga merupakan salah satu wadah bermain dan belajar bagi anak-anak. Dalam proses pendidikannya, anak-anak akan dididik serta dibantu untuk mengeluarkan serta mengembangkan potensi dan kreatifitas sejak dini.

“Melalui program bermain sambil belajar ini, tentunya kita meyakini tidak akan membuat anak-anak jenuh ataupun bosan dan PAUD siap membantu orang tua untuk menyelamatkan usia emas putra-putri kita di Abdya,” imbuhnya.

Ida menyebutkan, kurikulum yang ditetapkan dalam lingkungan PAUD pada umumnya sudah disusun dan disesuaikan dengan kondisi murid. Selain pelajaran umum seperti menulis, menghitung dan mengenal huruf latin, juga diterapkan pendidikan agama, dan itu juga disesuaikan dengan kondisi psikologis anak-anak.

“Maka peran pengurus dan pendidik disnilah yang kemudian sangat penting dan menentukan. Tentunya, kemampuan pendidik dalam menyesuaikan diri dengan anak-anak sangat diperlukan, sehingga si anak benar-benar merasa aman dan nyaman ketika mereka berada diluar pengawasan orang tua,” jelasnya.

Dalam acara tersebut turut hadir, Pokja PAUD Provinsi Aceh, Wakil TP. PKK Kabupaten Abdya, Ketua Dharma Wanita Abdya, Kepala SKPK terkait, Bunda PAUD Kecamatan dan Desa dalam wilayah Abdya, serta tamu undangan lainnya. (MT/Red)

REKOMENDASI