Kasus Ilegal Logging Kian Merajalela, Begini Ajakan Kapolres Abdya

  • Whatsapp
Kapolres Kabupaten Aceh Barat Daya ( Abdya ), AKBP Moch Basori,SIK, Jum’at, (23/8) ( Dok/Mustafa )

Blangpidie | republikaceh.com – Kapolres Kabupaten Aceh Barat Daya ( Abdya ), AKBP Moch Basori,SIK mengajak seluruh masyarakat di wilayah tugasnya untuk memerangi pencurian dan penebangan hutan ilegal secara total.

“Mari kita perang total terhadap pencurian dan penebangan hutan yang tidak bertanggung jawab,” ujar Basori yang dikomfirmasi republikaceh.com dirumah dinasnya,Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie,Jum’at (23/8)

BACA JUGA

Menurut Kapolres, akibat penebangan ilegal di Abdya, hutan rusak setiap tahunnya dan kasus ini terus berlangsung sampai sekarang. 

“hutan dibabat semena-mena, ditebangi secara liar dan kayunya dicuri tanpa rasa tanggung jawab,” pungkasnya

Apalagi, lanjutnya, baru-baru ini, tiga warga asal Desa Adan tertangkap terkait kasus ilegal logging jenis semantok. Walaupun pemerintah telah meningkatkan langkah-langkah penegakan hukum, Kasus ini kerap terjadi, jelasnya.

“Banyak para penjahat yang selama ini  kita tindak, namun penebangan hutan masih terjadi. Ini tidak boleh kita biarkan, yang meneguk untung adalah penjahat itu sendiri juga tukang tadahnya, baik dari dalam maupun luar,” papar Basori.

Perlunya melindungi hutan dari para penjarah, guna mencegah terjadinya bencana alam, misalnya bencana tanah longsor dan banjir. 

“Bencana-bencana itu bukanlah gejala dari  alam semata , tetapi diakibatkan oleh ulahnya manusia sendiri, terutama mereka yang tidak bertanggung jawab,” ujar perwira  berpakat dua melati. (MT/Red)

REKOMENDASI