Tiga Warga Tangan-Tangan Dapat Jaminan Penahanan

  • Whatsapp
Kapolres Abdya, AKBP Moch Basori, SIK. Jum’at (23/8) ( Dok/ Mustafa )

Blangpidie | republikaceh.net – Kapolres Aceh Barat Daya, AKBP Moch Basori, SIK mengungkapkan ada beberapa pertimbangan sehingga akhirnya mengabulkan permohonan penangguhan penahanan tiga warga Desa Adan Kecamatan Tangan-Tangan akibat kedapatan membawa kayu ilegal loging.

“Pertimbangan penyidik untuk mengabulkan, pertama, yang bersangkutan kooperatif. Jadi, setelah kita lakukan pertanyaan oleh penyidik, semua kooperatif,” papar Kapolres Abdya saat di jumpai republikanaceh.com di kediamannya, komplek perkantoran bukit hijau, Kecamatan Blangpidie, Jum’at (23/8).

BACA JUGA

Mereka, lanjutnya, kita tahan 1×24 jam, jadi batas berakhirnya masa itu di sore kemarin dan warga Gampong Adan mendatangi kita kemarin meminta agar warganya tidak ditahan “itu enggak apa-apa karena penahanan tidak mutlak harus penuhi proses penyelidikan,  yang penting kemarin itu ada penjaminnya,” ujarnya. 

Kapolres menyebutkan, ketiga warga yang ditahan pihaknya tersebut dijamin oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Abdya, Agusri Samhadi dan dua orang warga Gampong Adan lainnya. 

“Kemarin itu tiga orang warga menghadap saya, dan saya suruh buatkan permohonan agar ada yang menjamin. Setelah itu mereka membuat permohonan tersebut dengan pernyataan bahwa mereka akan kooperatif dan sanggup hadir, ya silahkan saja tidak apa-apa, tapi saya pastikan kasusnya tetap berlanjut. Intinya, ketiga warga itu tidak ditangguhkan, tapi dijamin,” tuturnya.

Kemarin, tambah Polres, pihaknya memang ingin menahan ketiga warga tersebut. Sebab, ketiganya sudah memenuhi bukti. Atas dasar itu, kata Kapolres, dirinya berani mengatakan kalau kasus tersebut tetap akan berlanjut.

“Memang kemarin itu mau kita tahan, karena sudah terbukti, maka saya berani mengatakan kasus itu tetap berlanjut,” paparnya.

Untuk diketahui,Tiga warga asal Desa Adan, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten aceh Barat Daya (Abdya) yang ditangkap pihak Polres setempat pada Rabu (21/8/2019) dikawasan Kecamatan Susoh karena kedapatan membawa empat potong kayu jenis simantok sepanjang 18 meter yang diangkut dengan menggunakan becak mesin mendapatkan jaminan penahanan dari Polres setempat. ( MT/Red)

REKOMENDASI