Delapan Advokat IKADIN dan FERARI di Lantik

  • Whatsapp
Para advokat sedang menandatangani berita acara sumpah usai dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh, Selasa, (27/8) (Dok/Ist)

Banda Aceh | republikaceh.com –  Pengadilan Tinggi (PT) Banda Aceh melantik dan menyumpah delapan advokat atau pengacara dari organisasi Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) dan Federasi Advokat Republik Indonesia (FERARI), Selasa (27/8) di Ruang.

Sidang Pengadilan Tinggi tersebut. 
Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh, H Djumali, SH yang disaksikan oleh Wakil Pengadilan Tinggi dan Panitera Muda Pengadilan Tinggi Banda Aceh.

BACA JUGA

Ketua Pengadilan Tinggi (PT)/Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Banda Aceh, Djumali, usai pelantikan dan penyumpahan berpesan agar para advokat muda yang sudah dilantik tersebut dapat menjadi advokat yang  menjungjung tinggi professionalitas dalam melakukan pendampingan. 

“Dengan telah dilakukan pelantikan dan penyumpahan ini maka para pengacara muda ini sudah bisa menjalankan profesi advokat,” katanya. 

Djumali melihat, para advokat ini adalah para milenial yang harus menguasai elektronik, karena pengadilan modern adalah pengadilan yang mengikuti perkembangan elektronik dalam rangka mewujudkan peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan, seperti e-court. 

Sementara, lanjutnya, terkait bagaimana cara dan mekanisme beracara dengan sistem elektronik dapat dilihat di Website Mahkamah Agung (MA) tanpa harus menunggu adanya sosialisasi. 

“Alangkah tertinggalnya kalian nanti jika tidak menguasai elektronik yang telah disediakan oleh Mahkamah Agung, sementara cara penggunaan bisa dilihat di website Mahkamah Agung, di sana bisa dilihat petunjuk penggunaannya,” katanya.

Menurutnya,  proses sidang secara electronik ini tidak akan bisa berjalan dengan baik ke depan  jika tanpa kita mengikutinya. “Oleh karena itu kita semua punya tanggung jawab untuk menyukseskan program tersebut,” Imbuhnya. 

Seusai pelantikan dan sumpah, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IKADIN Aceh, Safaruddin SH, menyampaikan jika dirinya berharap agar para advokat muda yang disumpah mampu menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 45 dalam menyediakan jasa bantuan hukum kepada klien. 

“Kita berharap kawan-kawan yang dilantik dan disumpah hari ini dapat menjalankan profesinya dengan baik. Terkhusus untuk kawan-kawan dari IKADIN,” pesan Safaruddin. 

Pada kesempatan tersebut juga turut di hadir oleh Ketua Umum Federasi Advokat Republik Indonesia Prof. Dr. Teguh Samudra, dan Fakhrurrazi Seketaris DPD IKADIN Aceh ( Ril ) 

REKOMENDASI