Ribuan Pelajar di Abdya Antusias Ikut Pawai Ta’aruf

  • Whatsapp
Ribuan peserta pawai ta’aruf melintas persimpangan jalan selamat Kota Blangpidie, Aceh Barat Daya, Minggu (1/9) ( Dok/Mustafa).

Blangpidie | republikaceh.com – Ribuan pelajar Aceh Barat Daya (Abdya) antusias mengikuti pawai ta’aruf keliling kota Blangpidie dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriah, Minggu (1/9)

Pantauan di lokasi, kegiatan mulai pukul 07.30 WIB. Sebelun acara dimulai, ribuan pelajar dari berbagai  SD, MIN dan SLTP serta dari kalangan Dayah (Pesantren) berkumpul di lapangan Persada dengan menggunakan busana serba putih dan dilepas Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT dan juga dihadiri oleh anggota Forkopimda Kabupaten setempat.

BACA JUGA

Selain pelajar, peserta juga dihadiri dari kalangan para PNS di lingkungan Pemkab Abdya yang melengkapi kemeriahan Pawai keagamaan tersebut.

“Para peserta berjalan kaki dimulai dari Lapangan Persada Blangpidie melewati Simpang Cerana menuju Mesjid Ataqwa, depan Hotel Loueser dan finis di depan Mesjid Agung Abdya Gampong Seunaloh,” tutur Ubaidillah, Kepala Dinas Syariat Islam dan Badan Dayah Aceh Barat Daya kepada republikaceh.com di Kota Blangpidie.

Selain Pawai Takruf, lanjutnya, dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1441 H, Pemkab Abdya juga melaksanakan ceramah akbar dan penceramahnya Tgk. Umar Ismail dari Banda Aceh.

Menurutnya, kegiatan keagamaan ini dilakukan dengan tujuan supaya masyarakat dan pelajar khususnya bisa mengenal tentang Tahun Baru Islam. Tentunya juga untuk mengenang lebih jauh tentang sejarah islam.

“Kita harus galakkan event seperti ini dan Nama-nama bulan dalam Islam harus dihafal oleh pelajar kita. Jangan hanya pandai menghafal bulan lain tetapi Bulan Tahun Baru Islam tidak diketahui dan ini aneh,” katanya Ubaidillah. (MT/Red)

REKOMENDASI