Pemerintah Aceh Jaya Salurkan Bantuan Bahan Material Pembangunan Rumah Herman

  • Whatsapp
Kepala Pelaksana BPBK, Mukhtaruddin dan bersama Sekda Aceh Jaya, Mustafa menyerahkan bantuan material secara simbolis kepada Herman, Jum’at (6/9) (Dok/Ist)

Calang | republikaceh.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya menyalurkan bantuan bahan baku berupa seng, triplek, kayu dan bahan bangunan lainnya serta bantuan masa panik kepada keluarga Herman (32) di Desa Panggong, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Jum’at (6/9).

“Kedatangan kita disini merupakan perintah Bapak Bupati Aceh Jaya dalam rangka membawa bantuan material kepeluaan rehab rumah saudara Herman,” ujar Mustaf, Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Jaya saat di konfirmasi republikaaceh.com di calang.

BACA JUGA

Selain itu, lanjutnya, untuk bantuan rumah layak huni secara permanen agar mengusulkan melalui pemerintahan desa untuk pembangunan rumah layak huni di tahun depan.

“Ya kalau memang nanti syarat-syaratnya mencukupi serta mempunyai lahan silahkan diusulkan melalui pemerintahan desa kepada bupati, namun proses dan prioritas tetap ada,” katanya.

Menurutnya, memang sebagaimana diketahui bersama kondisi rumah keluarga Herman sangat tidak layak huni, dari mulai dinding serta atap memang sudah sangat butuh untuk direhab.

 “Namun untuk hari ini kita serahkan bantuan rehab darurat ini dulu karena melihat kondisi rumah keluarga Herman sudah sangat-sangat tidak layak huni lagi, jadi kita tangani ini dulu untuk sementara,” pungkasnya.

Sementara di kutip dari waspadaaceh.com, Sejumlah pemuda Aceh Jaya tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kita Peduli sedang melakukan penggalangan dana dalam mewujudkan pengadaan rumah layak huni untuk Herman, 32, warga Desa Panggong, Kecamatan Kreung Sabee, Aceh Jaya.

“Penggalangan dana ini kita lakukan sebagai bentuk kepedulian atas kondisi kehidupan yang di jalani oleh Herman dan istrinya Safrina, 33, dan juga setelah Pemerintah Aceh Jaya tidak memberikan respon apa pun terhadap kondisi tersebut,” tutur Abdo Rani, Koordinator LSM Kita Peduli

Menurut Abdo, sebelumnya Safrina sudah pernah mengadukan kondisinya tersebut kepada Pemerintah Daerah melalui media. Selain itu juga sudah pernah mengajukan permohonan untuk memperoleh rumah layak huni tersebut. 

“Kita sudah turun kelokasi dan menanyakan langsung kepada Herman jika dirinya belum menerima bantuan apa pun terkait rumah layak huni,” paparnya.

Kondisi rumah, lanjut Abdo, sudah sangat memprihatinkan, mulai dari dinding yang sudah rapuh hingga atap yang mulai roboh.

“Kalau untuk sekedar rehab jelas tidak memungkinkan, rumah itu layak dibangun baru dan dan rumah sekarang dibongkar,” tandasnya.

Penggalangan dana ini, papar Abdo, merupakan bentuk kepedulian bersama untuk mengurangi beban hidup keluarga Herman dan dilakukan bersama dengan masyarakat lainya.

“kami membuka donasi seluas-luasnya. Selain dana, kami juga menerima bantuan berupa  bahan bangunan material. Kan, nanti juga butuh material untuk membangun rumah tersebut,” imbuhnya.

Sejauh ini, tambah Abdo, dirinya bersama dengan relawan lainnya terus semaksimal mungkin dalam mewujudkan harapan herman berseta istrinya. 

“kita berharap agar terbuka hati bagi donatur dan peduli terhadap kondisi ini. Donasi terus kita buka sampai dengan 30 September 2019,”tutupnya. Untuk dermawan yang ingin membantu mewujudkan mimpi pak Herman memiliki rumah layak huni, bisa mengirimkan bantuannya ke no rekening BRI 396201016189538 atas nama LSM KITA PEDULI (OZ/Red).

REKOMENDASI