Mahasiswa Serambi Makah Lakukan Penilitian Obat di Aceh Besar

  • Whatsapp
Sejumlah Mahasiswa Universitas Serambi Makah didampingi Abubakar memperlihatkan obat tradisional yang sedang di teliti, Rabu (11/9) pagi (Dok/Maiyulis)

Jantho | republikaceh.com – sejumlah Mahasiswa Universitas Serambi Makah melakukan penilitian di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Desa Meunasah Intan Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Rabu (11/9).

“kegiatan ini merupakan salah satu pelaksanaan kegiatan Tridarma Perguruan tinggi. Kami juga sedang meniliti tentang obat tradisional berbahan dasar dari rempah-rempah seperti Jahe merah, pala, ketumbar dan kayu manis yang di kelola oleh warga setempat,” tutur Yulis, salah satu mahasiswa yang sedang mengikuti penilitian tersebut.

BACA JUGA

Selama pelatihan mahasiswa di bimbing oleh Abubakar yang merupakan salah seorang ahli dalam pengobatan alternatif dan menggeluti bidang tersebut sekitar 20 tahun.

“penilitian kami tentang obat gosok yang beliau ciptakan. Obat gosok milik bapak abubakar telah banyak digunakan warga dan ada mamfaatnya dapat mengobati migren, keseleo, nyeri otot, galat-gatal dan pegel-pegel badan,”paparnya

Oleh karena, tambahnya, penggunaan obat gosok ini sangat baik dan bermanfaat maka dengan adanya pelaksanakan penelitian ini dapat mengembangkan produk tersebut lebih luas, juga akan dilakukan perbaikan kemasan dan proses pembuatan serta memberi merek dengan nama Obat gosok OGA.

“Pengemasan yang baik dan sesuai dengan standar maka obat gosok OGA ini dapat dipasarkan lebih luas lagi sehingga akan menambah perekonomia masyrakat dan akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat,”jelasnya.

Acara pembukaan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dibuka oleh Dra. Sri Ismulayti, M.Pd yang berasaral dari program studi Pendidikan Kimia dan Bapak Almukarrahma, S.Pd,.M.Pd  progaram studi Pendidikan Biologi. (MY/Red)

REKOMENDASI