Bupati Akmal: Bila Tidak Mendukung “Surin” Berpikir Saja Sudah Hebat

  • Whatsapp
Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, SH saat memberikan sambutan pada acara Kobar, Kamis (12/9) (Dok/Mustafa)

Blangpidie | republikaceh.com – Bupati Aceh Barat Daya Akmal Ibrahim,SH  menyampaikan Teluk Surin di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memiliki potensi besar untuk pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) barat-selatan, karena letak georgrafisnya persis di tengah-tengah delapan Kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

Hal itu disampaikannya saat menggelar diskusi dengan para paguyuban Koalisi Andalan Rakyat (Kobar),di salah satu Hotel Grand Lauser Blangpidie, Kamis (12/9).

BACA JUGA

Menurutnya, program pembangunan pelabuhan teluk surin di Desa Lama Tuha Kecamatan Kuala Batee, memiliki potensi sangat besar untuk pengembangan KEK barat-selatan.

Selain letaknya bukan di laut, lanjutnya, akan tetapi daratan berhadapan langsung dengan samudera hindia. kapal-kapal besar yang bersandar dipelabuhan nantinya aman karena bukan berlabuh di samudera lepas.

“Kita harus yakin dengan potensi yang kita miliki . Ini nggak, keluar daerah bukannya mempromosi daerah sendiri malah mencaci. Inikan pemikiran terbalik”. imbuhnya

Oleh karena itu, kata Akmal, laut kita ini sangat cocok. Jika pun badai, maka kapal sangat aman bila  bersandar di Abdya. Bahkan, jika dibandingkan dengan kabupaten lainnya, yang paling aman, dan layak menjadi pelabuhan di Aceh, yaitu Surin Abdya.

“Maka saya minta, jika tidak mendukung (lahir surin), maka berfikir positif saja itu sudah hebat,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Pangguyuban Kobar, Elizar Lizam  mengungkapkan, diskusi bisnis itu dilakukan dalam rangka membangun semangat masyarakat untuk berwirausaha.

“tujuan kita laksanakan ini untuk membangun semangat berwirausaha, menyatukan kembali para pangusaha, karena selama ini kita sudah terbentuk fraksi – fraksi pasca Pilkada,” ujar nya

Elizar juga mengungkapkan, saat ini pemkab Abdya sedang menghadapi dan berjuang dalam menggait Kawasan Ekonomi Khusus/Kawasan Industri Terpadu (KEK/KIT), sehingga perlu dukungan dan kesiapan para pengusaha Abdya.

” Saya berharap kepada pengusaha agar mengbackup bupati, sehingga ketika KEK/KIT Barat Selatan Aceh ditetapakan di Surin, para pengusaha kita sudah siap,” sebutnya.

Amatan dilapalangan,Diskusi tersebut turut juga di hadiri oleh para pakar ekonomi Unsyiah dan juga Ketua UMKM Center, Dr Iskandar Majid MSi, Ketua ISMI Aceh, Nurchalis SP MSi,Wakil Bupati Muslizar.MT,para pengusaha se – Abdya serta para tamu undangan laninya. (MT/Red)

REKOMENDASI