Sosialisasi Jaga Kebersihan Pantai, AFC Abdya Laksanakan Lomba Memancing

  • Whatsapp
Sekretariat Komunitas Abdya Fisihing Club (AFC) Aceh Barat Daya, Kamis (12/9) (Dok/Mustafa)

Blangpidie | republikaceh.com  – Komunitas Abdya Fisihing Club (AFC) Aceh Barat Daya (Abdya) menggadakan lomba mancing akan dilaksanakan di pantai komplek PPI Ujung Serangga, Susoh pada 10 September 2019 mendatang.

“Lomba mancing  sebagai salah satu upaya mempromosikan potensi wisata pantai di kawasan wisata Aceh Barat Daya  dan hasil ikan laut melimpah serta sosialisasi kebersihan pantai,” kata Saed Muhammad Iqbal ketua AFC kepada media ini, Kamis (12/9)

BACA JUGA

Menurut  Iqbal, sebelum lomba mancing dimulai akan dilaksanakan pembersihan pantai terlebih dahulu dilokasi pelaksanaan yang melibatkan sejumlah ormas, OKP dan peserta serta masyarakat umum lainnya.

“Kita rencanakan, setelah pembukaan akan kita lanjutkan dengan sosialisasi kebersihan pantai,” ucap Iqbal.

Selanjutnya, papar Iqbal, panitia juga akan mendeklarasikan kebersihan pantai dengan mengajak kalangan masyarakat untuk ikut menjaga pantai dan populasi laut dari pencemaran berbagai aneka sampah maupun limbah limbah, termasuk pencarian ikan dengan menggunakan obat-obatan kimia.

“Bila tidak ada usaha dalam menjaga lingkungan, perlahan populasi ikan dan kualitas laut kita akan semakin memburuk dan tentunya itu akan menjadi kerugian besar bagi kita sendiri,” terangnya.

Secara terpisah, ketua Umum pelaksana kegiatan, Abdur sat dimintai keterangan membenarkan jika pihaknya akan melaksanakan lomba memancing dengan tema “Abdya Keumawe ” serta sosialisasi kebersihan pantai akan dilaksanakan pada 22 September mendatang.

“Para peserta dari luar dan dalam Abdya, hanya perlu membayar formulir pendaftaran Rp70.000,- dan panitia memberikan makan siang dan snack,” jelas Abdur.

Dalam perlombaan tersebut, tambah Abdur, panitia juga akan menetapkan enam peserta yang berhak memperoleh hadiah uang untuk juara 1,2 dan 3 serta juara harapan 1-3.

“Kita harapkan kegiatan ini sukses, selain sebagai ajang silahturahmi juga upaya kita pemancing menjaga alam,” pungkasnya. (MT/Red)

REKOMENDASI