Soal Pasien Tidak Dilayani, Ini Tanggapan Dinkes Abdya

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barata Daya (Abdya) Safliati (kanan) saat mengunjungi keluarga pasien yang tidak mendapat pelayanan dari pihak Pukesmas Babahrot, Jum’at (13/9) (Dok/Mustafa)

Blangpidie I Republikaceh.com – Kasus Penolakan pasien oleh Pukesmas Kecamatan Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya yang dialami keluarga Widi mendapat respon dari Dinas Kesehatan Setempat.

Pasalnya, anak yang beumur dibawah satu tahun ditolak berobat disana karena lantaran ia tidak terdaftar dalam kartu keluarga ( KK ).

BACA JUGA

Menyikapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Abdya,Safliati SST MKes pun turut ikut memberikan tanggapannya.

Saat dihubungi, Safliati membenarkan peristiwa tersebut itu murni, komunikasi petugas antara keluarga pasien yang kurang bagus.

“Iya benar, kejadiannya pada hari Rabu. Ini kesalahan oleh petugas, dan akan kita diberikan pembinaan, bagaiman cara untuk berkomunikasi baik terhadap yang bersangkutan,” ujarnya.

Safliati mengaku pihaknya telah berkunjung ke rumah pasien yang sempat ditolak tersebut. Menurutnya, kondisi pasien yang sempat demam tinggi itu, sudah mulai membaik.

“Ini salah satu bentuk permintaan maaf kita, karena secara aturan memang tidak boleh,pihak petugas menolak pasien, apalagi hanya persoalan tidak terdaftar dalam KK atau BPJS,” sebutnya.

Dikatakanya, pasien itu seharusnya ditangani dulu, persoalan tidak ada BPJS atau tidak ada KK, itu bisa dilakukan belakangan.

“Saya berharap dengan peristiwa ini bisa menjadi bahan pelajaran bagi petugas lain. Cara berkomunikasi yang baik, harus diutamakan, sehingga tidak melukai keluarga pasien,” pungkasnya. (MT/Red)

REKOMENDASI