Hasil Karya Terbaik Abdya Ditampilkan Pada Pameran Kriya Nusantara di Jakarta

  • Whatsapp
Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Abdya, Ida Agustina Akmal saat melihat kain tenun hasil karya terbaik Abdya yang ditampilkan pada pameran Kriya Nusantara di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (14/9) (Dok/Ist).

Jakarta I republikaceh.com – Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), melalui Tim Penggerak PKK dan Dekranasda setempat memboyong sejumlah hasil kerajinan tangan masyarakat untuk ditampilkan pada pameran Kriya Nusantara di Balai Kartini, Jakarta.

Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Abdya, Ida Agustina Akmal, kepada awak media menyebutkan, pihaknya membawa semua hasil karya terbaik masyarakat binaan Dekranasda Abdya untuk di tampilkan di stand Abdya pada pameran Kriya Nusantara ini.

BACA JUGA

“Hasil karya terbaik semuan sengaja kita bawa untuk ditampilkan pada acara pameran kriya nusantara. Ini sebagai salah satu upaya untul pemompa semangat masyarakat kita untuk terus berkarya menghasilkan buah tangan kreatif lainnya,” kata Ida, Sabtu (14/9)

Dia menjelaskan, adapun kerajinan tangan yang turut dibawa pada kegiatan Nusantara itu meliputi tenunan kasab (sulaman emas) dari pengrajin Kecamatan Manggeng dan beberapa tenunan unggulan lainnya dari Abdya. Selain itu, stand dekranasda Abdya juga menampilkan sambal sunti, ikan kayu, aneka makanan dari labu dan kripik talas.

“Dari sekian makanan, yang banyak peminatnya adalah sambal Sunti. kalau untuk kain tenunan, yang paling banyak peminat itu kain teunan yang di sulam dengan benang emas. Saya, seluruh pengurus Dekranasda Abdya tentu patut bangga, sebab, Ibu pembina Dekranasda provinsi, ibu Erti Diah Idawati sangat bangga melihat hasil tenunan kasab yang pernah ikut pelatihan tenun menggalami banyak kemajuan,” sebutnya.

Pameran kriya nusantara di Balai Kartini, Jakarta ini di buka langsung oleh ibu negara, Iriana Joko Widodo. Peserta yang hadir, dari seluruh indonesia mulai dari provinsi hingga kabupaten kota.Pameran griyanusa 2019 ini, tuan rumahnya dari Padang Sumatera Barat. Setiap kabupaten/kota, menampilkan kerajinan khas masing-masing daerah,” pungkasnya (MT/Red)

REKOMENDASI