Masyarakat Laporkan Oknum Kepala Desa ke Inspektorat Kota Subulussalam

  • Whatsapp
Dua Warga sedang melintas di jalan Desa Desa Darussalam Kecamatan Longkib Kota Subulussalam, Rabu (18/9) (Dok/Ramona)

Subulussalam | repoblikaceh.com – Tokoh Masyarakath melaporkan Oknum Kepala Desa Darussalam Kecamatan Longkib Kota Subulussalam ke Inspektorat kota setempat terkait adanya indikasi penyalahgunaan Dana Desa, Rabu (18/9) Pagi.

Salah satu tokoh masyarakat setempat yang enggan disebut namanya kepada republikaceh.com menyampaikan, jika Dana Desa dikucurkan Pemerintah bertujuan untuk membangun desa bukan untuk memperkaya oknum Kepala Desa Serta kroni-kroninya.

BACA JUGA

Menurutnya, Penggunaan Dana Desa harus di lakukan secara transparan terutama pada masyarakat, agar semua tau ke mana arah dana desa itu digunakan

“Di Desa kami, tidak ada transparansi penggunaan Dana Desa dilakukan oleh oknum Kepala Desa terhadap sejumlah pelaksanaan kegiatan kepada masyarakat,” tuturnya saat dijumpai di Desanya

Kondisi ini, lanjutnya, di duga kepala desa main-main dengan dana desa, dikernakan hampir semua kegiatan pelaksana pekerjanya ditangani sendiri tampa melibatkan masyarakat sehingga kualitas pekerjaan tidak ada.

“Melihat kodisi ini, masyarakat melaporkan Oknum Kepala Desa ke Inpektorat,” pungkasnya.

Tokoh masyarakat tersebut kembali menjelaskan jika Kepala Desa tersebut sudah melakukan kesalahan besar, satu masalah belum diselasaikan namun sudah melakuakn kesalahan lain.

“dana desa tahun 2016 yang dilarikan bendahara RP.150.000.000.00.(seratus lima puluh juta) sampai sekarang tidak ada penjelasannya,ditambah lagi pekerjaan yang lain, semua dikensel sama dia, tambah lagi dengan BUMdes,” Paparnya.

saat ini, tambahnya, kami selaku masyarakat kemana lagi harus mengadu. Inspektorat sebagai ledingsektor sudah kami sampaikan.

“terkait permasalahan uang yang dilarikan bendahara desa itu, tidak pernah dilaporkan ke pihak kepolisian secara tertulis, hanya penyampaian lisan saja, sehingga sampai sekarang tenggelam begitu saja,” terangnya.

Kepala Desa Darussalam, Kasiman Ujung, saat di konfirmasi republikaceh.com melalui via selulernya membenarkan jika dirinya sudah dilaporkan masyarakatnya ke Inspektorat.

“Benar, saya sudah dilaporkan oleh masyarakat ke Inspektorat dan saya juga sudah pernah dipanggil untuk dimintai keterangan dan saya sudah menyampaikan apa adanya dan sesui dengan prosudur, saya sudah laksanakan kegiatan desa,” kata kasiman ujung singkat. (Ramona/Red)

REKOMENDASI