Hujan Bawa Secercah Harapan Mengurangi Kabut Asap di Bumo Breuh Sigupai

  • Whatsapp
Zulfami saat memberikan keterangan kepada awak media, Selasa (24/9) (Dok/Mustafa)

Blangpidie | republikaceh.com – Hujan dengan intensitas sedang turun membasahi Kabupaten Aceh Barat Daya, Selasa (24/09) siang, belum mengubah kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menyelimuti di sejumlah wilayah di negeri dijululuki Bumoe Breuh Sigupai tersebut.

Namun, kabut asap ini tidak mengganggu aktivitas warga, arus lalu lintas normal dan tidak juga mengganggu jarak pandang serta belum berakibat fatal terhadap kesehatan warga.

BACA JUGA

“Alhamdulillah, udara masih terasa sejuk walau masih diselimuti kabut asap, berbeda dengan hari kemarin (Senin, 23/09) cuaca terasa gerah. Kita bersyukur hujan pun turun di siang ini,” ujar Zulfahmi, warga Abdya di Blangpidie.

Walaupun hujan mengguyur sebentar saja, lanjutnya, bagi warga Abdya cukup memberi secercah harapan untuk sementara menghilangkan kabut asap

Sementara itu, Faizi, satu warga lainnya mengaku sangat bersyukur dengan turunnya hujan diwilayahnya.

“sebab selamat ini sangat sedikit terganggu akibat kiriman kabut asap dari Provinsi Riau dan Jambi,” tambahnya.

Bahkan durasi hujan yang turun dengan intensitas rendah itu kurang lebih satu jam tersebut bisa mengatasi kondisi jalanan yang berdebu dan mulai mengeluarkan aroma menyengat akibat dari lahan terbakar.

“Alhamdulillah, hujan turun cukup lebat sehingga bisa membasahi sejumlah wilayah di daerah kita yang sedang dilanda kabut asap,” ungkap Faizi. (Mustafa)

REKOMENDASI