3 Hari “Kemah Bakti Tani” Mahasiswa Pertanian UTU di Sikundo

  • Whatsapp
Mahasiswa Fakultas Pertanian UTU saat berada di Desa Sikundo, Minggu (29/09) (Dok/Jufri)

Melaboh | republikaceh.com – Mahasiswa Fakultas Pertani Universitas Teuku Umar Melaboh Melakukan Kegiatan Kemah Bakti Tani di Desa Sikundo Kecamatan Pante Ceuremen Kabupaten Aceh Barat, Minggu, (29/09).

Kegiatan yang mengusung tema ” Peran Petani Millenials Dalam Mewujudkan Agro Wisata Di Bumi Teuku Umar di Desa Sikundo” dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 27 sampai  29 September 2019 di ikuti oleh seluruh Lembaga mahasiswa di Fakultas tersebut.  

BACA JUGA

“Kegiatan ini kami lakukan untuk meningkatkan kemajuan pertanian di desa – desa terpencir dengan melibatkan kurang lebih 240 peserta yang berasal dari Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar,” tutur Andrin kepada republikaceh.com selaku Ketua Panitia Kemah Bakti Tani Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar 2019.

 Kegiatan ini, lanjutnya, bertujuan untuk meningkatkan pengetahauan dan mengajarkan betapa petingnya Mahasiswa memberikan kontribusi dan edukasi untuk membantu petani.

“kami berharap, kegiatan ini dapat bermamfaat untuk masyarakan Desa Sekundo,”pungkasnya.

Pada pembukaan acara Kemah Bakti Tani, Jufri selaku Ketua Bem Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar menyampaikan jika kegiatan Kemah Bakti Tani ini untuk pertama kalinya dilaksanakan sebagai realisasi program kerja dari BEM FAPERTA UTU Periode 2019 – 2020.

“kami ingin memberikan kontribusi nyata kepada petani dengan cara memberikan edukasi dan advokasi kepada petani desa,”tuturnya.

Kegiatan di Desa Sikundo ini, lanjutnya, juga melibatkan Dinas Pertanian Aceh Barat Dan Dinas Perkebunan dan Pertenakan Aceh Barat. Kegiatan berbentuk edukasi kepada Petani dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman petani di bidang pertanian lebih medalam tentang proses Budidaya tanaman sampai ke Pemasaran hasil Pertanian agar

“kita juga berharap agar pasca kegiatan ini petani di Desa Sikundo lebih mandiri dan sejahtera,”ungkapnya.

Selaku Ketua Bem Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar, Jufri juga mengucapkan terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah ikut serta membantu mesukseskan Kegiatan Kemah Bakti Tani di Sikundo.

Sementara, Keuchik Gampong Sikundo Kecamatan Pantee Ceuremen, Muhammad Jauhari saat di konfirmasi mengatakan, kegiatan Kemah Bakti Tani yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar sangat membantu masyarakat di desanya

“adik – adik mahasiswa memberikan kami ilmu baru tentang pertanian dan melakukan penanaman tanaman rambutan dan Jeruk di tiap – tiap rumah warga dan saya sangat berterimakasih kepada Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar,” tuturnya (JF/Red)

REKOMENDASI