Daur Ulang Sampah Diperlombakan di Kampus Serambi Mekkah

  • Whatsapp
Para peraih Juara lomba daur ulang sampah antar Mahasiswa se Universitas Serambi Mekkah di Aula Teuku Moehammad Hasan, Batoh (30/09). (Dok/Maiyulis)

“Kegiatan ini merupakan ruang kreatifitas yang harus dimanfaatkan oleh peserta lomba”

Banda Aceh| Republikasiaceh.com– Sebagai wujud cinta Lingkungan, Asosiasi Mahasiswa Biologi Universitas Serambi Mekkah  (USM) Banda Aceh melaksanakaan kegiatan lomba daur ulang sampah antar Mahasiswa se Universitas Serambi Mekkah di Aula Teuku Moehammad Hasan, Batoh (30/09).

BACA JUGA

Lomba daur ulang sampah dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kreatifitas mahasiswa dalam pengelolaan sampah di lingkup Universitas Serambi mekkah serta meningkatkan kesadaran pemuda dalam mengatasi masalah sampah.

Ketua panitia, Friska Hutauruk dalam laporan panitia di awal pembukaan kegiatan menyampaikan, kegiatan ini di danai Oleh Meristek Dikti melalui L2DIKTI wilayah 13 Aceh pada Program kreatifitas Mahasiswa .

Ia berharap ruang yang disediakan ini dapat bermanfaat  bagi para peserta dan masyarakat secara umum.

“Kegiatan ini merupakan ruang kreatifitas  yang harus dimanfaatkan oleh peserta lomba,” tuturnya.

Selain itu, Ketua prodi IMABIO mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan wujud dari salah satu tujuan organisasi IMABIO Universitas Serambi Mekkah dan bisa menjadi contoh bagi Masyarakat umumnya dalam memanfaatkan sampah menjadi barang yang kreatif

“terimakasih kepada lembaga kampus dan L2DIKTI wil XIIIX Aceh yang telah memberi dukungan  kepada IMABIO sehingga acara tersebut berjalan dengan sukses seperti yang diharapkan,” imbuhnya.

Pantauan di lokasi, Kegitan tersebut di buka langsung oleh dekan FKIP Bapak Jalaluddin, M.Pd  dan dalam kesempatan tersebut menyampaikan jika dirinya akan memfasilitasi bagi yang memiliki ide-ide yang kreatif  dan siap mendampingi siapa yang lebih unggul untuk mempublikasikan baik tingkat daerah maupun nasional.

Bertindak sebagai juri adalah Drs.M. Ridhwan, MPd, Dra. Armi, M.Si. dan Dr.EvI  Apriana,M Pd. Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, lomba yang diikuti oleh 8 Prodi di ruang lingkup FKIP USM  serta diikuti 20 peserta dan 10 kelompok dan yang menjadi juara pertama adalah dari kelompok mahasiswa Biologi yaitu saudara T. Jasa Putra dengan Kreasi yang ditampilkan adalah pengolahan bahan anorganik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Juara II diraih oleh kelompok Mahasiswa Fisika. Dengan  kreasi yang ditampilkan adalah produk dengan latar belakang mekanisme kerja fisika seperti lampu lampion, kincir album foto dan gelembung sabun.

Sedangkan Juara III dimenangkan oleh kelompok Mahasiswa Pendidikan Ekonomi dengan kreasi penggolahan sampah menjadi tempat kosmetik. Untuk ketiga juara tersebut akan dilakukan pembinaan oleh dewan juri. (Maiyulis)

REKOMENDASI