Nova Dukung KKR Aceh Laksanakan Mandat

  • Whatsapp
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah saat menerima para Komisioner KKR Aceh, di Rumah Dinas Wakil Gubernur Aceh, Selasa (1/10). (Dok/Sudarliadi)

Banda Aceh | republikaceh.com – Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyatakan dukungannya kepada KKR Aceh dalam melaksanakan mandatnya di Provinsi Aceh.

“Anggaran KKR Aceh tidak pernah dibatasi sepanjang sesuai e-Budgeting dan e-Planning,” ungkap Nova ketika menerima para Komisioner KKR Aceh, di Rumah Dinas Wakil Gubernur Aceh, Selasa (1/10).

BACA JUGA

Lebih lanjut Nova mengatakan, selama KKR Aceh melaksanakan tugas sesuai mandat dia akan selalu memberikan dukungannya. Bahkan Nova mengaku telah memberi dukungan secara politik sejak dirinya masih di Fraksi Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh.

“Selanjutnya, silakan sampaikan apa pun kebutuhan untuk mendukung kinerja KKR Aceh sekarang dan yang akan datang kepada bidang terkait di Pemerintahan Aceh,” katanya.

Baca juga : KKR Aceh Diskusikan Layanan Perlindungan dan Pemulihan Korban Ke LPSK RI

Nova menjanjikan Pemerintah Aceh akan menelaah kembali aturan-aturan untuk menindaklanjuti rekomendasi reparasi yang telah diserahkan KKR Aceh. Rekomendasi tersebut merupakan hasil temuan dan tindak lanjut dari pengungkapan kebenaran yang dilakukan KKR Aceh.

Terkait soal anggaran operasional KKR Aceh, Plt. Gubernur meminta KKR Aceh memasukkan program prioritas tahun 2021 melalui BRA paling telat April 2020 sesuai e-Budgeting dan e-Planning. Plt. Gubernur meminta BRA memfasilitasi pengalokasian anggaran KKR Aceh.

Kepada para komisioner KKR Nova berpesan agar KKR Aceh sungguh-sungguh melaksanakan kerja-kerja kemanusiaan sesuai mandatnya. Apalagi, lanjutnya, kerja-kerja KKR Aceh akan berujung pada proses rekonsiliasi sebagai mekanisme non yudisial dalam memperkuat perdamaian di Aceh

Pada kesempatan itu, Ketua KKR Aceh Afridal Darmi, menyampaikan tugas pokok dan fungsi serta capaian lembaganya selama lebih tiga tahun melaksanakan mandat, berdasarkan Qanun Aceh No. 17 tahun 2013.

Hadir pada pertemuan tersebut Afridal didampingi Evi Narti Zain, Mastur Yahya, Fuadi dan Ainal Mardhiah, koleganya sesama komisioner di KKR Aceh. Asisten I Jakfar, Ketua Badan Reintegrasi Aceh (BRA) M Yunus, Kepala Sekretariat BRA Syukri M Yusuf, Kepala Biro Hukum Amrizal J. Prang, dan Kepala Biro Tata Pemerintahan Syakir. (Ril/Red)

REKOMENDASI