Pintu Air Irigasi Jambo Aye Dibuka, Petani Bisa Mulai Garap Sawah

  • Whatsapp
Proses pembukaan pintu air irigasi Jamboe Aye, Selasa (1/10/) (Dok/Ist)

Aceh Utara | republikaceh.com – Para petani di Daerah Irigasi (DI) Jambo Aye yang meliputi Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur sudah dapat melakukan penggarapan sawah. Pasalnya, pintu air intake bendung yang berada di Kecamatan Langkahan, Aceh Utara telah dibuka, Selasa (1/10/).

Kepala Ranting Dinas PUPR Pantonlabu, Khairil Anwar mengimbau para petani untuk dapat memanfaatkan air irigasi sesuai waktu yang telah ditentukan agar dapat dilakukan penanaman dan panen padi secara serentak.

BACA JUGA

“Pintu air dibuka 1 Oktober 2019 sampai 31 Oktober 2020. Kami juga meneruskan informasi ini ke setiap desa di Aceh Utara dan Aceh Timur melalui Keujruen Blang,” kata Khairil di sela pembukaan pintu air.

Dalam kesempatan ini juga turut dihadiri sejumlah pihak, seperti dari Dinas PUPR Aceh Utara, Petugas Operasi Bendung (POB), Keujruen Chik dan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM).

Para petani di daerah irigasi yang memilki luas layanan 19.473 hektar ini diharapkan dapat menjaga dan merawat jaringan irigasi demi keberlanjutan dan ketahanan pangan.

“Irigasi ini milik kita bersama. Jadi, mari kita jaga dan kita rawat dengan baik, sehingga kebutuhan air tercukupi dan ketahanan pangan tetap terjaga,” tutup Khairil. (Ril/Red)

REKOMENDASI