782 Mahasiswa Aceh Jaya Terima Bantuan Beasiswa

  • Whatsapp
Ilustrasi Beasiswa (Dok/Ist)

Calang | republikaceh.com – Sebanyak 782 mahasiswa Aceh Jaya menerima bantuan Beasiswa miskin dan berprestasi dari Pemerintah Aceh Jaya untuk tahun 2019 melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Setempat.

“Alokasi Dana Bantuan Sosial Tahun Anggaran 2019 untuk bantuan beasiswa mahasiswa Miskin dan Berprestasi hanya sebesar Rp. 800.000.000 (delapan ratus juta rupiah) Sehingga, terpaksa menggunakan sistem perangkiran untuk mengurangi jumlah penerima bantuan tersebut.,” tutur Yasmar Hijar, Kepala BKPSDM Aceh Jaya saat dijumpai republikaceh.com diruang kerjanya, Selasa (8/10)

BACA JUGA

Semula, lanjutnya, pelamar bantuan beasiswa berjumlah 939 dan sesudah di lakukan verifikasi, hanya 858 yang memenuhi syarat.

“Jika tidak dilakukan perangkiran, maka bantuan sebesar Rp.800.000.000 (delapan ratus juta rupiah) tersebut tidak dapat tersalurkan sebagaimana mestinya,” ungkap Yasmar.

Yusman menerangkan, setelah dilakukan perangkingan, total yang mendapat bantuan beasiswa miskin dan berprestasi tersebut sebanyak 782 orang, dan 76 orang tidak mendapatkan bantuan beasiswa tersebut.

“dari 782 mahasiswa yang mendapat beasiswa tersebut terbagi menjadi 4 kategori, yakni kategori S1/S2 luar provinsi sebesar Rp 2.500.000 (dua juta lima ratus ribu rupiah) perorang, kategori S2 dalam provinsi sebesar 2 juta perorang, kategori anak yatim sebesar Rp 1 juta perorang dan kategori perangkingan 1 juta perorang,” urai Yasman.

Perangkingan itu, tambahnya, hanya dilakukan untuk kategori prestasi, sementara untuk mahasiswa S2 luar maupun dalam provinsi atau S1 luar provinsi serta mahasiswa yatim tidak dilakukan perangkingan. 

“Alhamdulillah, pada tanggal 3 Oktober kemarin sudah kita transfer kepada penerima dan hanya tersisa 4 mahasiswa lagi yang belum tersalurkan berhubung rekening yang bersangkutan ada yang tidak valid dan ada juga yang menggunakan rekening BRI, namun hari ini sudah kita tuntaskan semuanya,” tutup Yarmar. (Oz/Red). 

REKOMENDASI