KKR Aceh Jaya Minta Bupati Irfan Perbupkan Penangganan Korban Dugaan Pelanggaran HAM

  • Whatsapp
Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB saat menerima kunjungan Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh Jaya, Senin (15/10) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.com – Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB menerima kunjungan Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh Jaya, Senin siang (15/10) di ruang kerjanya.

“Dalam kunjungan tersebut, kita pemaparan sejumlah progres 1 (Satu) capaian masa kerja dan juga meminta agar Bupati Irfan untuk mengeluarkan Perbup terkait rekonsiliasi dan reparasi korban dugaan pelanggaran HAM di Aceh Jaya pesca konflik Aceh 1976-Agustus 2005 silam,” tutur Irna Tiba, SH selaku Korwil KKR Aceh Kabupaten Aceh Jaya kepada republikaceh.com, Senin malam (15/10) di Calang.

BACA JUGA

Selain itu, lanjutnya, kita juga meminta untuk terus dukung program kerja KKR Aceh Jaya dan juga dapat bekerjasama dengan baik dalam kontek pemulihan terhadap korban maupun raparasi mendesak yang harus disegerakan dengan tindakan medis.

Oleh sebab itu, sambung Teba, Pemerintah Aceh Jaya agar dapat mendukung penuh segala bentuk dan upaya untuk menjaga perdamain Aceh secara menyeluruh.

“Kita berharap Perdamaian di Aceh terus terjaga dan utuh,” pungkasnya.

Disamping itu, Teba juga terus berharap kepada semua pihak terkait baik instansi maupun institusi untuk bahu membahu dalam upaya penyelesaian persoalan konflik Aceh di masa lalu.

“Kami berharap masyarakat Aceh Jaya khususnya masyarakat korban agar bersabar terhadap tahapan dan proses yang sedang diupayakan oleh KKR Aceh agar terjadinya rekonsilisasi dan reparasi transparansi menyeluruh sesuai dengan kondisi korban hari ini,” pintanya.

Selain itu, tambahnya, kami juga melihat jika Bupati Aceh Jaya sangat mendukung dan mengapresiakan program kerja KKR Aceh khusunya di wilayah Aceh Jaya.

“Insya Allah akan kita fasilitasi dengan baik sesuai dengan mandat Qanun KKR Aceh No 17 Tahun 2013,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB juga berpesan bila ada masyarakat yang harus disegerakan untuk pemulihan maka pihak Forkompimda Aceh Jaya akan ikut membantu untuk kemaslahatan ummat.

“Kita dukung, apalagi ini menyangkut dengan nasib para korban khususnya warga Aceh Jaya,” pungkas Irfan TB. (Oz/Red)

REKOMENDASI