Warga Desa Bintah Komitmen Majukan Desa

  • Whatsapp
Warga Desa Bintah Kecamatan Pasie Raya, Aceh Jaya sedang mendengarkan mimbingan dari Muspika Kecamatan setempat, Selasa (15/10) (Foto/Zahlur Akbar)

Calang | republikaceh.com – Dinas Sosial Kabupaten Aceh Jaya bersama dengan Forum Keserasian Sosial Sandana Bela Gampong Bintah Kecamatan Pasie Raya, mengelar diskusi dengan melibatkan Muspika dan warga setempat, Selasa (15/10).

“Diskusi ini sebagai langkah awal dalam rangka mempersamakan persepsi agar tidak adanya konflik pada saat peningkatan jalan Desa Bintah menuju Desa Sarah Raya bersumber anggaran dari Kementerian Sosial tahun 2019,” tutur T. Rahmadani, Kepala Bidang Sosial dan Penangganan Fakir Miskin pada Dinas Sosial Aceh Jaya kepada republikaceh.com di Bintah.

BACA JUGA

Warga Desa Bintah sedang mengikuti diskusi bersama Muspika Kecamatan dan Dinas Sosial Aceh Jaya yang berlangsung di halaman masjid desa setempat, Selasa (15/10) (Zahlur Akbar)

Sedangkan jumlah pagu anggaran, lanjutnya, untuk peningkatan jalan  tersebut berjumlah 100 Juta dan 50 juta digunakan untuk biaya administrasi dan biaya pendampingan sosial lainya.

Langkah ini, terangnya, diharapkan dapat membangun rasa kebersamaan sesama warga dan juga membangun kembali jiwa gotong royong dalam membangun desa. 

Menurutnya, Apa pun langkah yang di lakukan sebagai upaya membangun desa jika tidak didasari dengan kekompakan maka akan mengalami kesulitan. 

Nampak warga Desa Bintah antusias sedang mengikuti jalannya diskusi, Selasa (15/10) (Zahlur Akbar)

“melalui forum ini kita terus melakukan sosialisasi kepada warga Bintah untuk bersatu padu membangun desa,” pungkasnya.

Para warga yang hadir, tambahnya, sangat terbuka dan beinteraksi saat diskusi berlangsung dan tentunya sangat menerima setiap arahan dan masukan yang kita berikan.

“warga menerima dengan baik peningkatan jalan tersebut karena pada dasarnya warga sudah lama menanti adanya perbaikan jalan penghubung tersebut,” imbuhnya.

Gerbang selamat datang di Desa Bintah, Selasa (15/10) (Foto/Zahlur Akbar)

Sementara itu, Musliadi, Ketua Forum Keserasian Sosial Sandana Bela Gampong Bintah juga menyampaikan jika pekerjaan peningkatan jalan akan di kelola oleh forum tersebut dengan melibatkan para warga dengan mengedepankan azas gotong royong.

“saat ini jika bukan kami yang membangun desa sendiri, siapa lagi?, ” tanya Musliadi. 

Kami, lanjutnya, sebagai warga gampong telah berkomitmen untuk merealisasikan peningkatan jalan hingga tuntas dan itu dilakukan secara bersama. 

Warga Desa Bintah sedang melakukan bokar muat barang di rakit penyebrangan menuju Desa Bintah, Selasa (15/10) (Foto/Zahlur Akbar)

“Bintah sedang berbenah menuju desa lebih baik. Kita sudah sepakat untuk seiring selangkah membangun Desa,” ungkapnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Musliadi juga menjelaskan jika tujuan pelaksanaan diskusi tersebut sebagai bentuk transparansi dan meningkatkan kesadaran warga serta partisipasi aktif dalam mewujudkan Bintah sebagai Desa maju.

“kami juga ingin perubahan di Desa Bintah, dari sekarang tertinggal menjadi terdepan. Warga sudah siap mewujudkan itu,” pungkasnya. (Zahlur Akbar) 

REKOMENDASI