Nova Melepaskan Ekspor Perdana CPO Aceh dari Calang

  • Whatsapp
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah saat menyampaikan sambutan di Pelabuhan Calang, Kamis (17/10) (Foto/Zahlur Akbar)

Calang | republikaceh.com – Plt. Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT, melepaskan ekspor perdana CPO sebanyak 4.900 Metrik Ton senilai USD 2.346.250,00 ke Pelabuhan Krishnapatnam, India, dengan menggunakan Kapal Mekong Trans dari Pelabuhan Calang, Aceh Jaya, Kamis (17/10).

Dalam Sambutanya, Plt. Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT, menuturkan jika Momentum hari ini bukan lokal dan nasional tetapi momentum global sebagai salah satu titik ekpor dunia.

BACA JUGA

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama Bupati Aceh Jaya, T.Irfan TB mendengarakan penjelasan terkait prodak UMKM usai Launching Perdana CPO Aceh di Pelabuhan Calang, Kamis (17/10) (Foto/Zahlur Akbar)

“Ekpor ini juga menjadi catatan penting bagi Aceh, khususnya Aceh Jaya dalam menongkrak pertumbuhan ekonomi rakyat serta membuka lapangan kerja bagi semua kalangan,” kata Nova

Ketika Kapal ini merapat ke India, lanjutnya, dunia bisnis internasional bisnis global akan mencatat nama Aceh Jaya, nama Calang, sebagai salah satu bukti jika sudah bermain di dalam percaturan perdagangan dunia. 

Tempat pemotongan pita sebaga tanda Launching Perdana CPO Aceh di Pelabuhan Calang, Kamis (17/10) (Foto/Zahlur Akbar)

“Tiga tahun lalu saya ke Boston, ada satu Prasasti yang mencatat nama Lamno dalam sebuah sejarah perdagangan Fasco da gama. Saya setuju dengan Bapak Bupati, Insya Allah, sejarah itu akan berulang kembali dan nama Lamno, pantai barat sumatra, West Cots Sumatra yang mengatakan bahwa, lamno bukan organizem Fasco da gama tetapih mitra dagang fasco da gama,” ceritanya. 

Oleh karena itu, tambahnya, saya meminta kepada PT. Calang Sejati Indah untuk melakukan yang terbaik untuk mengembangkan bisnis berkemajuan ini. 

“dari Pemerintah Aceh dan saya minta pemerintah Kabupaten serta kepada semua kalangan untuk memperlancar segala bentuk kebutuhan administrasi,” tegasnya. 

Bupati Aceh Jaya, T.Irfan TB mendengarakan penjelasan terkait prodak UMKM usai Launching Perdana CPO Aceh di Pelabuhan Calang, Kamis (17/10) (Foto/Zahlur Akbar)

Sementara, Bupati Aceh Jaya, Teuku Irfan TB menyampaikan jika ekspor hari ini adalah pengulangan masa lalu dimana dari pantai Aceh Jaya pernah dilayari kapal dalam negeri dan luar negeri.

“Pelabuhan ini bukan hanya digunakan oleh masyarakat Aceh Jaya tapi seluruh kab kota yang ada di barsela,” ungkap Bupati. 

Bupati juga siap untuk ditunjuk Aceh Jaya menjadi Kawasan Ekonomi Khusus atau Kawasan Industri Terpadu. (Zahlur Akbar) 

REKOMENDASI