Kwarcab Pramuka Aceh Jaya Masuk Lapas Calang, Ini Tujuannya

  • Whatsapp
Sekretaris Gerakan Pramuka Kwarcab Aceh Jaya, Muslem Arais melantik kepungurusan Satuan Komunitas Pramuka Pengayoman di Lapas Calang, Aceh Jaya, Selasa (29/10) (Foto/Fikar)

Calang | republikaceh.com – Sekretaris Gerakan Pramuka Kwarcab Aceh Jaya, Muslem Arais melantik kepungurusan Satuan Komunitas Pramuka Pengayoman di Lapas Calang, Aceh Jaya, Selasa (29/10) pagi.

“Kami segenap jajaran menyambut baik terbentuknya satuan pramuka di lapas Calang ini sebagai pengayoman keluarga binaan kedalam bentuk pengasahan keterampilan,” tutur Muslim Arais kepada republikaceh.com usai berlangsungnya pelantikan.

BACA JUGA

Sekretaris Gerakan Pramuka Kwarcab Aceh Jaya, Muslem Arais menyematkan pin kepada Plt Kalapas Calang, Selasa (28/10) (Foto/Fikar)

Sejauh ini, lanjut Muslem, sudah dilakukan koordinasi dengan pihak lapas terkait langkah pembekalan kelembagaan. Pembekalah wawasan dan pembekalan kreatifitas.

“Sebagian pengurus adalah keluarga binaan. Jadi, dengan adanya komunitas pramuka ini dapat menjadi wadah mereka untuk melakuakan pengembangan kemampuan sebagai bekal mereka selesai menjalani masa kurungan,” ungkap Muslem.

Muslem berharap agar kedepan komunitas pramuka tersebut untuk sinerjik dengan Kwarcab dalam merealisasikan program kelembagaan di Aceh Jaya.

Plt Kalapas Calang, Rusli menandatangani surat serah terima jabatan sebagai Ketua Satuan Komunitas Pramuka Pengayoman di Lapas Calang, Selasa (29/10) (Fikar)

“Semoga saja adik-adik binaan di lapas Calang ini mampu melahirkan karya terbaiknya sehingga menjadi bekal mereka kelak,” pungkas Muslem.

Sementara itu, Plt Kalapas Calang, Rusli menerangkan jika pembentukan Pramuka di lapas Calang merupakan instruksi dan izin lembaga permasyarakatan khusus gerakan pramuka pengayoman dari Kemenkumham untuk seluruh insan pangayoman keluarga binaan.

Sekretaris Gerakan Pramuka Kwarcab Aceh Jaya Muslem Arais melakukan Salam komando dengan Plt Kalapas Calang, Rusli, usai berlangsungnya pelantikan, Selasa (29/19) (Foto/Fikar)

“Keluarga binaan tergabung dalam pengayoman pramuka ini akan dilakukan pembinaan agar ke depan mereka memiliki wawasan luas dan arah masa depan yang baik,” ujar Rusli.

Pembentukan ini, lanjutnya bertujuan untuk membetuk kembali karakteristik dan mengembalikan semangat kemasyarakatan bagi keluarga binaan.

“Untuk sekarang ini keluarga binaan yang tergabung dalam komunitas pramuka baru berjumlah 8 orang dan di tambah 7 orang staf lapas,” ungkapnya.

Sekretaris Gerakan Pramuka Kwarcab Aceh Jaya, Muslem Arais menyalami seluruh anggota Satuan Komunitas Pramuka Pengayoman di Lapas Calang, Selasa (29/10) (Fikar)

Kedepan, tambahnya, mereka yang bergabung akan diberikan pembekalan dasar kepramukaan dan juga nantinya dari Kemenkumhan Kanwil Aceh akan memanggil 5 orang perwakilan setiap lapas untuk persiapan jambore pramuka di Banda Aceh.

“Ini akan menjadi spirit baru nantinya bagi mereka yang terpilih mewakili lapas Calang dalam berinteraksi dengan masyarakat luas dan jika regulasi memungkinkan, nantinya mereka juga akan kami ikutsertakan mereka dalam kegiatan kepramukaan Aceh Jaya,” tutupnya. (Fikar)

REKOMENDASI