Lapas Calang Terima 13.500 Ribu Bibit Ikan Lele

  • Whatsapp
Plt Kalapas Calang, Rusli (Kanan) berjabat tangan dengan petugas Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh Jaya (Kiri) saat penyerahan bantuan bibit ikan lele, Rabu (30/10) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.com – Lapas Calang menerima bantuan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh Jaya memberikan bantuan berupa bibit ikan lele sebanyak 12.000 ekor.

“Setelah dilakukan serah terima, bibit ikan tersebut langsung dimasukkan ke dalam kolam ikan di pekarangan komplek rumah dinas Lapas Calang yang sebelumnya sudah dibersihkan oleh warga binaan pemasyarakatan,” tutur Rusli, Plt Kalapas Calang saat menghubungi republikaceh.com, Rebu (30/10)

BACA JUGA

Petugas Lapas Calang melakukan pelepasan bibit ikan lee bantuan dsri dinas Perikanan dan Kelautan Aceh Jaya pada kolam yang sudah disediakan, Rabu (30/10) (Foto/Ist)

Sebelumnya, lanjut Rusli, pihak Lapas Calang sudah mengajukan proposal berisi kebutuhan bantuan benih bibit ikan dan juga melakukan koordinasi langsung dengan pihak Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh Jaya.

Menurutnya, tujuan pembibitan ikan lele tersebut merupakan salah satunya wadah untuk melatih pengembangan diri bagi warga binaan yang sedang menjalani masa binaan di Lapas Calang. 

“Jika nantinya dalam pemeliharaan bibit ikan ini berhasil, maka selanjutnya petugas Lapas Calang yang dibantu warga binaan dapat mandiri mengelola kolam ikan tersebut sebagai salah satu tempat binaan bagi warga binaan sebelum bebas dan kembali ke masyarakat,” ungkapnya.

Plt Kalapas Calang, Rusli (tengah) bersama dengan petugas Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh Jaya saat melakukan pelepasan binit ikan lele, Rabu (30/10) (Foto/Ist)

Rusli berharap agar upaya ini akan berbuah hasil maksimal, sehingga hasilnya juga bisa dimamfaatkan oleh warga binaan.

“Kita memilih Keterampilan sebagai bentuk penguatan diri agar kedepan menjadi bekal bagi warga binaan,” pungkasnya.

Selain itu, tambah Rusli, saat ini juga juga dilakukan pembekalan tentang perbengkelan dan cara memamfaatkan perkarangan rumah dengan cara bercocok tanam. (Fikar)

REKOMENDASI