“Cascara Caffe” Minuman dari Kulit Kupi Racikan Siswa di Bener Meriah

  • Whatsapp
Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Bener Meriah, Sabirin Amin memperlihatkan Prodak Cascara Caffe diruang kerjanya, Sabtu (02/11) (Foto/Ist)

Bener Meriah | republikaceh.com – Mungkin masyarakat tidak banyak tau jika kulit kopi bisa dijadikan minuman yang sangat nikmat. Namun bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Bener Meriah, telah menjadikan kulit kopi tersebut sebagai prodak dengan nama Cascara Caffe.

SMK 5 Bener Meriah merupakan sekolah yang lahir pada 2 tahun silam dengan beberapa bidang keahlian, salah satunya jurusan Agro Bisnis Pengelolaan Hasil Pertanian.

BACA JUGA

Biji kopi yang dijadikan sebagai bahan dasar Cascara Caffe, (Foto/Ist)

“Kabupaten Bener Meriah merupakan penghasilan kopi terbesar dan terbaik di dunia. oleh karena itu, siswa kita arahkan untuk melakukan beberapa inovasi yang berbahan dasar dari kopi,” tutur Sabirin Amin, Kepala SMK N 5 Bener Meriah saat ditemui republikaceh.com dirumahnya, Minggu, (3/11).

Saat ini, lanjut Sabirin, Siswa disekolahnya telah melahirkan prodak Cascara Kopi berbahan dasar dari kulit kopi dan akan di pasarkan kedaerah lain dalam waktu dekat ini.

“bukan hanya itu, kita juga sedang melakukan inovasi lainnya, seperti wine caffe atau (permentasi kopi, natural caffe, pengelolahan honey caffe dan pengelolahan fullwash,” terangnya.

Kedepan, tambanhya, SMK 5 Bener Meriah juga akan mencoba mengolah ceri kulit kopi menjadi minuman yang lezat dan nikmat.

Sabirin juga menjelaskan jika Cascara berasal dari bahasa spanyol yang artinya adalah kulit.

“Mudah-mudahan nantinya prodak ini bisa bermamfaat kepada Kabupaten Bener Meriah dan kususnya di kecamatan Permata, agar bisa mencoba mencicipi cita rasa prodak Cascara kopi,” cetusnya.

Dalam hal ini, kembali Sabirin menambahkan, hingga hari ini sejak berdirinya SMK N 5 Bener Meriah, belum ada bantuan sarana untuk bahan praktikum siswa/siswi SMK N 5 Bener Meriah mudah-mudahan.

“andai saja Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dapat memfasilitasi sarananya seperti, mesin huller pengupas kulit, mesin pengering biji kopi, mesin roasting, mesin pucking, mesin grinder, mesin siller dan mesin exspreso, akang sangat memudahkan siswa untuk mengembangkan inovasi tersebut,” cetusnya.

“Sehingga siswa dapat berinteraksi dan memiliki wawasan tentang pengelolaan kopi dan juga nanti outputnya, siswa seteah lulus sekolah dapat melakukan usaha mandiri dan bersaing dengan dunia usaha dan industri seperti yang di harapakan bapak jokowi presiden rebulik indonesia “tutupnya. (Mulia Arimukti)

REKOMENDASI