Ratusan Warga Kepung PT PAG, Haji Uma dan Anggota DPRA Jadi Mediator

  • Whatsapp
Senator Aceh, H. Sudirman alias Haji Uma memberikan keterangan kepada peserta Aksi usai mediasi berlangsung dengan pihak perusahaan,Senin (04/11) (Zaman Huri)

Lhoksemawe | republikaceh.com – H. Sudirmam DPD-RI dan Muslim Syamsuddin DPRA mediasi warga melakukan demo di pintu dua eks PT. Arun LNG dengan pihak perusahaan, Senin(13/11).

Ratusan masyarakat peserta Aksi berasal dari 13 Gampong dilingkungan perusahaan raksasa tersebut, menuntut kesejahteraan mereka dari pihak perusahaan.

BACA JUGA

Proses mediasi Perwakilan peserta aksi dengan pihak perusahaan PT PAG, Senin (04/11) (Foto/Zaman Huri/

Kepada awak media, H. Sudirman alias Haji Uma menyebutkan, dirinya datang langsung setelah mengetahui ada masyarakat yang berdemo di PT PAG.

“Saya langsung datang kelokasi dan melihat apa yang di tuntut oleh para pendemo, ternyata perihal penerimaan ternaga kerja yang sangat sedikit mempekerjakan tenaga dari warga lingkungan perusahaan,” tuturnya.

Kemudian, lanjutnya, adanya indikasi mengenai penggunaan dana CSR yang menurut masyarakat tidak transparan membuat masyarakat merasakan adanya ketimpangan.

“saya bersama Anggota DPR Aceh dan anggota DPRK Lhoksemawe, memanggil pihak perusahaan-perusahaan dan perwakilan masyarakat untuk duduk di satu ruangan untuk mencari solusi guna mengakomodir tuntutan masyarakat,” Paparnya.

Meskipun demikian, tambahnya, mediasi berjalan alot namun tetap berjalan damai dan sudah ada satu kesepakatan antara perwakilan pendemo dengan pihak perusahaan untuk mengakomodir tuntutan masyarakat

“dalam mediasi tadi sudah menghasilkan satu kesepakatan, bahkan dalam waktu dekat ini akan di bentuk satu forum yang melibatkan berbagai pihak terkait, forum tersebut akan menjadi alat komunikasi yang menginput segala informasi, baik itu dari pihak perusahaan maupun masyarakat,” ujarnya.

Haji Uma mengungkapkan bahwa juga menginput segala informasi terkait tenaga kerja.

“Selama ini ada kecurigaan masyarakat bahwa pekerja termasuk karyawan didatangkan dari luar daerah, dengan ada forum ini semua jadi transparan, sehingga masyarakat tidak lagi berprasangka,” imbuhnya.

Sementara itu, Muslim Syamsuddin ST, MAP, Anggota DPR Aceh, menyebutkan, dalam mediasi ini ada enam perusahaan di dalam lingkungan PAG yang dipanggil namun yang hadir hanya lima perusahaan.

” saya bersama Tgk H. Sudirman menjadi tim mediator memediasi tersebut dan hasilnya membuahkan satu kesepakatan” papar muslim.

Namun, kata Muslim, hasil yang telah di sepakati hari ini, akan di bahas kembali pada pertemuan selanjutnya untuk penyempurnaan lebih lanjut. (Zaman Huri)

REKOMENDASI