Di Abdya, 152 Desa Terbentuk Relawan Tagana

  • Whatsapp
 Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri (Kiri) menyerahkan Bantuan secara simbolis yang di terima oleh Wakil Bupati Abdya, Mulizar (Kanan), Selasa, (5/11) (Foto/Humas Dinas Sosial Aceh)

Blangpidie | republikaceh.com – Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT membuka kegiatan bertema “Sosialisasi Pembentukan Relawan Tagana Gampong di 152 Desa” yang berlangsung di Aula Bappeda Abdya, Selasa (5/11).

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Muslizar mengajak para calon tagana gampong untuk bekerja dalam rangka mewujudkan Pemerintah Abdya yang lebih baik ke depannya.

BACA JUGA

Menurut Muslizar, para tagana gampong nantinya harus menjadi ujung tombak dalam upaya pengurasangan risiko bencana dan penanggulangan bencana di tiap-tiap desa, dan harus menjadi mata, telinga, tangan, dan kaki dalam membangun Abdya dalam kerawanan sosial dan kesenjangan sosial yang masih ada di pelosok-pelosok desa.

”Beritahu kepada kami setiap informasi yang ada, kami pemerintah tentu tidak semua tahu tentang kondisi masyarakat di pelosok desa. Seperti halnya rumah tidak layak huni, ini juga menjadi prioritas kami dalam waktu 5 tahun kepemimpinan kami,” kata Muslizar.

Muslizar juga berpesan agar nantinya data yang diberikan baik itu sifatnya bencana ataupun kesenjangan sosial harus melalui satu pintu, sehingga tidak tumpang tindih laporan yang dapat berakibat pada tumpang-tindihnya bantuan yang diterima.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kepala Dinas Sosial Abdya, Ikhwansyah, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan sosialisasi yang dilakukan kepada sahabat Tagana gampong tersebut pertama dilaksanakan di Indonesia dan perdana di Provinsi Aceh.

Menurutnya, kegiatan itu berdasarkan Peraturan Bupati Abdya Nomor 9 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Gampong. Kemudian, kata Ikhwansyah, Keputusan Bupati Abdya Nomor 481 tahun 2019 tentang pembentukan Sahabat Tagana Gampong dalam Kabupaten Abdya tahun 2019 serta tersedianya anggaran DPA Perubahan Dinas Sosial Abdya tahun 2019.

“Untuk personel relawan Sahabat Tagana Gampong ini, kita telah merekrut tiga orang per gampong. Jadi untuk total keseluruahannya berjumlah 456 orang dari jumlah 152 gampong yang ada di Kabupaten Abdya,” ungkap Ikhwansyah.

Ia menjelaskan, kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut. Untuk hari pertama, kegiatan sosialisasi difokuskan untuk tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Blangpidie, Susoh, dan Kecamatan Setia dengan jumlah peserta sebanyak 174 orang.

Untuk hari kedua, sambung Ikhwan, kegiatan sosialisasi difokuskan untuk peserta yang berasal dari Kecamatan Jeumpa, Kuala Batee, dan Kecamatan Babahrot dengan jumlah peserta 141 orang. Sementara untuk hari ketiga, pelaksanaan kegiatan ini bagi peserta yang berasal dari Kecamatan Tangan-Tangan, Manggeng, dan Kecamatan Lembah Sabil dengan jumlah peserta sebanyak 141 orang.

“Pembagian hari pelaksanaan ini kita lakukan untuk efektivitas bagi peserta dalam mengikuti pelaksanaan ini. Awalnya, kegiatan sosialisasi ini kita rencanakan di lapangan terbuka di tiga titik lokasi, karena mengingat keadaan cuaca selama ini kurang bersahabat, maka kegiatan ini kami pindahkan ke aula Bappeda,” jelasnya. (Mustafa)

REKOMENDASI