Mahasiswa Demo PN Lhokseumawe Bebaskan Mursyidah

  • Whatsapp
Aliansi Ormawa Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh menyerahkan Petisi, Selasa (05/11) (Foto/Zaman Huri)

Lhokseumawe | republikaceh.com – Ratusa mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Ormawa Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, melakukan unjuk rasa di depan pengadilan negeri Lhokseumawe, selasa (5/11)

Dalam orasinya mahasiswa meminta Pengadilan Negeri Lhoksemawe, memberikan putusan seadil-adilnya kepada Mursyidah, dengan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan, dan memvonis bebas mursyidah atas dakwaan pengrusakan barang, sebagai mana yang di cantum dalam Pasal 40 KUHP.

BACA JUGA

Dalam Petisi yang di tanda tangani Ketua HIMAPID FH Unimal, M. Khatami, juga Ketua DPM FH Unimal, Muhar, dan korlap Muhammad Fadil, tertanggal 5 November 2019, menyebutkan, melihat dari peristiwa tersebut, menurut mereka menganggap terjadinya ketimpangan Hukum di Kota Lhoksemawe, yang di alami oleh Mursidah, warga Gampong Mesjid, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhoksemawe, dimana sebelumnya Mursidah berusaha membongkar dugaan kecurangan yang di lakukan oleh salah satu pangkalan Gas LPG.

Maka oleh karena itu, mereka dari Ormawa FH Unimal bersama mahasiswa dari IAIN Lhoksemawe, menyebutkan, akan melawan segala bentuk kezaliman yang akan berdampak pada masyarakat kecil, mereka juga mengecam pihak penyidik yang dianggap lamban dalam proses hukum terhadap oknum pangkalan nakal itu.

Terkait tuntutan 10 bulan penjara kepada Mursidah, oleh Jaksa Penuntut Umum Kejari Lhoksemawe, mereka meminta para Majelis Hakim yang nantinya akan membacakan vonis putusan agar memberikan putusan yang seadil-adilnya, karena Hakim wakil Tuhan dan sebagai perwakilan negara kakinya satu di Surga dan satunya di Neraka.

Dari itu mereka berharap hakim harus lebih berpihak kepada rakyat kecil yang tidak bersalah, karena menurutnya, pada dasarnya prinsip hukum itu ada 3, diantaranya Keadilan, Kepastian, dan Kemamfaatan.” Demikian isi petisi, dan selanjutnya sebelum serahkan kepada Kepala Pengadilan Negeri Lhoksemawe ikut di tanda tangani Wakil Kepala Pengadilan setempat. (Zaman Huri).

REKOMENDASI