Lomba Tulis “Best Practies” Meriahkan Hari Guru Nasional di Abdya

  • Whatsapp
Para juara loba tulis usai penyerahan hadiah, Senin (11/11) (Mustafa)

Blangpidie | republikaceh.com – Koalisi Barisan Guru Bersatu bersama Ikatan Guru Indonesia di Kabupaten Aceh Barat Daya  dan menggelar lomba tulis best practice dalam rangka menyambut hari Guru Nasional. Lomba ini diikuti 32 sekolah yang terdiri dari tingkat TK,SD,SMP hingga SMA Acara tersebut berlangsung di Kantor Cabang Dinas Aceh.

Ketua Kobar – GB Abdya,Rusli,S.Pd  mengatakan bahwa lomba tulis best practice merupakan salah satu rangkaian dalam menyambut Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2019 yang bertepatan tanggal 25 November. Selain itu, lomba tersebut sebagai upaya meningkatkan motivasi dan inovasi guru dalam pembelajaran. 

BACA JUGA

“Sehingga diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, serta berhasil mengembangkan berbagai model pembelajaran yang bermutu,” jelas Rusli di Blangpidie, Senin (11/11)

Menurutnya, Lomba tersebut dipandang penting dan diperlukan karena hal tersebut akan memacu guru-guru madrasah untuk meningkatkan kreativitas, kompetisi, dan prestasi. Pada gilirannya berdampak pada kualitas proses dan hasil belajar siswa.

Lebih lanjut sapaan Ilik Panto itu mengatakan, Best practice tidak selalu indentik dengan langkah yang besar dan revolusioner yang di lakukan oleh pendidik dan tenaga kependidikan dalam menyelesaikan masalah, tetap bisa juga melalui sebuah langkah kecil, penerapan alternatif-alternatif pemecahan masalah yang sederhana tetapi efektif dan dampaknya terasa oleh sekolah.

“Karakter utama best practice adalah tindakan-tindakan taktis dan praktis untuk mengatasi masalah, misalnya meningkatkan kedisplinan warga sekolah, melalui penerapan budaya malu, peningkatan kesadaran warga sekolah dalam memelihara kebersihan lingkungan sekolah melalui gerakan pungut sampah, peningkatan kemampuan, guru dalam menyusun administrasi pembelajaran dan mengelola pembelajaran melalui grup terfokus KKG sekolah dan sebagainya,”ungkapnya.

Dikesempatan itu,dirinya juga mengucapkan terimaksih banyak kepada Bank Aceh yang telah ikut membantu dalam menyukseskan kegiatan lomba best practice sehingga bisa sukses dan lancar.

Untuk diketahui,hadir dalam lomba penulis  best  Kepala cabang dinas yang diwakilkan(irwanto),kepala dinas pendidikan yang di wakilkan oleh kabid Dikdas Muhammad Hasan, SpdDewan juri serta tamu undangan lainya. (Mustafa)

REKOMENDASI