Karena Ditunjuk Bukan Dipilih, Posisi Ketua PK KNPI Pasie Raya Menuai Protes

  • Whatsapp
Logo KNPI (Dok/Ist)

Calang | republikaceh.com – Sejumlah Pemuda Kecamatan Pasie Raya, Aceh Jaya menyesalkan dan kecewa atas tindakan penunjukan Ketua PK KNPI Kecamatan tersebut oleh Oknum Sekretariat Camat yang dinilai serat akan kepentingan.

“Kami selaku pemuda Pasie Raya sangat kecewa dengan keputusan serta penunjukan kepengurusan PK KNPI Pasie Raya oleh pihak Kecamatan yang langsung mengarah kepada pejabat kecamatan, ungkap Darmawi (33) Pemuda Kecamatan Pasie Raya, Aceh Jaya saat menghubungi republikaceh.com, Selasa (12/11) via seluler.

BACA JUGA

Menurutnya, tindakan tersebut sangat tidak mencerminkan nilai demokrasi dan azas keterbukaan namun mencerminkan sikap otoriter.

Kebijakan seperti itu akan membunuh setiap generasi Pasie Raya yang memiliki minat berorganisasi secara terbuka dan berkeadilan. Kebijakan itu juga akan mengkekang generasi Pasie Raya untuk berkembang di dalam wadah kepemudaan.

“Kami sangat berharap adanya Muscam secara demokrasi dengan melibatkan tokoh pemuda se Pasie Raya, bukan asal tunjuk apalagi mengarah lansung ke Sekcam. Sikap ini sangat diskriminatif karena ini ranahnya pemuda yang selayaknya menjadi peran aktif adalah pemuda,” tutur Darmawi.

Hal seperti ( Penunjukan ), tambahnya, akan membuat generasi muda apatis untuk beroganisasi dan Musda KNPI Aceh Jaya adalah momentum tepat untuk menumbuhkan semangat beroganisasi bagi kalangan muda bukan ajang pembunuhan karakter.

“kami meminta kepada Ketua DPD II KNPI Kceh Jaya untuk tidak mengeluarkan surat keputusan atas penunjukan nama tersebut. Selain tidak demokrasi, kami juga merasa dikhianati oleh keputusan itu,” pungkas Darmawi.

Saat dihubungi via Seluler, Ketua DPD II KNPI Aceh Jaya, Maimun, menyampaikan jika sejauh ini pihaknya belum mengetahui terkait adanya penunjukan tersebut.

“Sejauh ini, pihak kita belum mendapat informasi terkait itu (penunjukan),” ungkap Maimun.

Sebelumnya, lanjut Maimun, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Camat Pasie Raya terkait pembentukan PK di Kecamatan tersebut.

“Kalau Koordinasi sudah kita lakukan dengan pihak Kecamatan Pasie Raya, termasuk menawarkan tenaga bila diperlukan untuk menyukseskan pembentukan PK,” jelas Maimun.

Hingga saat ini, tambah Maimun, pihak kecamatan belum memberikan informasi jelas, Kapan acara pembentukan tersebut dilaksanakan.

“Kita akan tinjau kembali proses pembentukan itu,” tegasnya.

Terpisah, Sementara itu, Camat Pasie Raya, Ir Zainuddin AR saat dikonfirmasi via selulernya menjelaskan jika pihaknya mengetahui adanya penunjukan tersebut.

“Kita melakukan ini bedasarkan pertimbangan dan sesuai hasil diskusi dengan ketua dan beberapa pihak, bahwa untuk keadaan mendesak, itu dimungkinkan. Itupun juga berdasar saran dari yang berkompeten terkait penetapan PK,” ungkap Camat Zainuddin

Sebelum penandatangan rekomendasi, lanjutnya, juga terlebih dahulu menanyakan kepada pihak yang akan di tetapkan, dengan tujuan tidak berimbas kepada hal yang tidak diinginkan.

“Saya tidak bermaksud sama-sekali untuk mengangkangi demokrasi, hanya karena kecamatan kita yang belum ada PK, maka kami tempuh hal semacam penunjukan namun bukan tertutup/sepihak, tapi ada orangnya dan saya tanya terlebih dulu kepada mereka tentang formasi Ketua, Sekretaris dan Bendahara,” papar Camat

Terkait adanya protes, tambah Camat, pihaknya sangat terbuka dan akan menampung setiap masukan aspirasi agar tercipta keadaan yang kondusif di Kecamatan Pasie Raya

“Kalau diharuskan diadakan pemilihan ulang, kita siap melakukan itu, asal ketua yang sudah ditetapkan bersedia dan ikhlas untuk melepaskan jabatannya untuk dilakukan pemilihan secara demokrasi. Pihak kita tidak ada keberatan apa pun,” pungkasnya. (Redaksi)

REKOMENDASI