Wakil Bupati Aceh Jaya Terima Pelakat dari KKR Aceh

  • Whatsapp
Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk Yusri S (kiri) saat menerima pelakat dari Ketua KKR Aceh, Selasa (19/11) (Foto/Ist)

Banda Aceh | republikaceh.com – Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh menggelar kegiatan “Dengar Kesaksian Penghilangan Orang Pada Masa Konflik Aceh, Kembalikan Mereka, Jangan Terulang” pada hari Selasa dan Rabu, 18 dan 19 November 2019 bertempat di gedung serba guna Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk Yusri S menerima Pelakat yang diserahkan oleh Ketua KKR Aceh, Afridal Darmi, Selasa (19/11)

BACA JUGA

Ketua Komisoner KKR Aceh, Afridal Darmi, dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut, selain pemulihan secara sosial juga bertujuan untuk pendidikan publik terkait sejarah konflik di Aceh.

“Agar kita bisa pulih bersama-sama penyintas, dan di sini lah kita belajar tentang masa lalu,” kata dia.

Masyarakat Aceh, lanjutnya, sesuai mandat dalam Qanun 17/2013 perlu bersama-sama mengungkap kebenaran terkait pelanggaran HAM masa lalu.

Hingga tiga tahun masa kerjanya, KKR telah mengambil pernyataan penyintas dari 14 kabupaten/kota melalui 12 wilayah kerjanya dan KKR sudah mengumpulkan pernyataan dari 3.040 orang.

“Berkas ini, akan menjadi dokumen sejarah yang sangat penting untuk Aceh. Laporan itu diharapkan menjadi rujukan bagi Pemerintah Aceh dalam menyusun kebijakan di masa depan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Jaya, menyampaikan jika Pemerintah Aceh Jaya menyambut baik maksud dan tujuan KKR.

“Kita mendukung KKR dalam upaya pemulihan korban konflik di Aceh maupun di Aceh Jaya,” ungkap Yusri.

Kedepan, lanjutnya, diharapkan dapat terakomodir segala bentuk rekonsiliasi agar permasalah masa lalu segera tertuntaskan. (Maiyulis)

REKOMENDASI