752 Ahli Waris  di Abdya Terima Santunan Kematian

  • Whatsapp
Sekda Abdya,Drs Thamren saat memberikan santunan kepada ahli waris di Aula Setdakab, Rabu (27/11) (Foto/Mustafa).

 

Blangpidie | republikaceh.com –  Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kembali menyalurkan bantuan sosial atau yang disebut juga dengan “Bantuan Kasih Sayang” kepada ahli waris yang berada  dalam lingkup Kabupaten setempat, Rabu (27/11).

Sekretaris Daerah Abdya Thamrin dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Dinas Sosial atas kinerja selama ini, sehingga pada hari ini kita dapat kembali menyalurkan bantuan sosial santunan kematian atau yang kita kenal dengan “bantuan kasih sayang”.

Pemberian bantuan sosial ini merupakan salah satu  bentuk perhatian dan kasih sayang Pemkab  kepada  seluruh warga Abdya yang telah ditinggalkan

Bantuan ini  merupakan salah satu program dari Bupati dan Wakil Bupati  Abdya dengan  tujuan untuk mengentaskan angka  kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup bagi masyararakat.

“Program ini juga merupakan program lanjutan, artinya penyaluran bantuan sosial berupa santunan kematian ini sudah pernah digulirkan pada masa Bupati Akmal Ibrahim periode 2007-2012 lalu”.  Sebut Sekda.

Sementara itu kabag Keistimewaan, Kesra dan Ekonomi Sekdakab Abdya, Nur Afni Muliana dalam laporannya menyebutkan santunan kematian pada tahun 2019 ini telah disalurkan sebanyak 39 Tahap dengan jumlah pemohon 752 orang terdiri dari 9 Kecamatan dengan jumlah anggaran yang telah teralisasi sebanyak Rp. 2.730.000.000,(Dua milyar tujuh ratus tiga puluh juta rupiah).

Ia menerangkan, anggaran Rp 2.730.000.000  juta itu dibagikan kepada 752  orang ahli waris dengan yang nominal berkisar antara Rp 2,5 juta sampai Rp 5 juta per orang, sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Abdya.

“Jadi, bansos ini ada empat kategori, untuk kepala keluarga (suami) meninggal dunia Rp 5 juta, istri yang meninggal dunia ahli waris menerima Rp 4 juta, lansia yang meninggal ahli waris menerima santuan Rp 3 juta, dan anak Rp 2,5 juta,” demikian terangnya. (Mustafa)

REKOMENDASI