Pemerintah Aceh Utara Bersama IPSM Latih Pasukan Gerak Cepat Cegah Bencana

  • Whatsapp
Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf bersama ketua IPSM dan Plt kepala dinas sosial aceh utara saat pelatihan TRC di pantai Lancok, senin (1/12) (Foto/Zaman Huri)

 

Aceh Utara | republikaceh.com – Pemerintah Aceh Utara bersama Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) melatih ratusan pekerja sosial di
Kabupaten Aceh Utara di Pantai Lancok , Minggu (1/12).
Dalam pelatihan ini turut dihadiri wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf, Plt Kepala Dinas Sosial Zulkarnain, Ketua SAR Aceh utara Hasbullah ST dan Tgk Adek selaku anggota DPRA.
Ketua IPSM Aceh utara Muktaruddin, Spd mengatakan , IPSM Aceh Utara telah membentuk tim gerak cepat (IRC) untuk membantu kelancaran program IPSM kedepan untuk lebih cepat dalam kegiatan sosial kepada masyarakat kususnya.
“yang terlibat dalam TRC ini adalah anggota dari IPSM, kemudian kita bentuk anggota TRC supaya program program IPSM lebih cepat ditangani. Mereka adalah tim khusus, kita bentuk untuk menangani bidang kebencanaan, bidang penataan dan bidang rekontruksi pasca bencana alam” ungkap Muktaruddin
Menyangkut anggaran yang diperuntukan untuk pelatihan TRC tersebut Muktaruddin menambahkan jika semua itu dari swadaya anggota IPSM sendiri.
“paling dari pemerintah hanya membantu perlengkapan pakaian dan tenaga instruktur pemateri dilapangan,” jelasnya.
Sementara itu Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf menyambut baik kehadiran Tim TRC dari IPSM untuk membantu pemerintah dalam hal kegiatan sosial terutama menyangkut bencana alam dan sosial masyarakat lainnya.
“TRC ini dibentuk untuk pasukan gerak cepat menangani kebutuhan masyarakat seperti musibah banjir dan musibah lain nya, karna TRC ini akan mencakupi 27 kecamatan yang ada diwilayah aceh utara akan berkoordinasi dengan dinas sosial dibawah pemerintah aceh utara akan lebih cepat tertangani nanti nya”
Hal yang sama juga disampaikan oleh Plt kepala dinas Sosial Aceh Utara Zulkarnain, M.Pd. Dirinya mengaku, dengan dilatihnya anggota TRC ini akan sangat membantu dinas sosial dan pemerintah untuk cepat tanggap kebencanaan.
Selain itu, terangnya, akses informasi cepat pun dapat terbantu akan keluhan masyarakat, baik dalam bencana alam maupun pekerjaan sosial lainnya.
“alhamdulillah, hari ini merupakan pencetusan pelatihan anggota TRC ini cukup baik sehingga penyampaian informasi masyarakat ke pemerintah sangat menguntungkan, karna saya melihat langsung dalam materi pelatihan yang diberikan oleh instruktur kepada para anggota dilapangan, dibekali seperti cara pertolongan pertama bagi masyarakat yang terkena musibah, cara pertolongan bantuan pernafasan dan banyak hal lainnya. kita sangat mendukung pelaksaan ini,” ungkapnya. (Zaman Huri)

REKOMENDASI