Penderitaan Tgk Yahya di Aceh Utara Butuh Perhatian Serius

  • Whatsapp

Nampak rumah milik Tgk Yahya yang sudah sakit hampir 5 tahun lamanya, Rabu (4/12) (Foto/Zaman Huri)

Lhoksukon | republikaceh.com– Semenjak menderita penyakit aneh 5 tahun terakhir membuat Tgk Yahya (82) tahun, warga Gampong Ranto Panyang Kecamatan Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara hanya bisa pasrah terbaring ditempat tidur, sekujur tubuhnya memar dan berbintik bintik hitam.

Saddam Husen, anak kandung Tgk Yahya kepada republikaceh.com, Rabu (4/12) mengatakan, bahwa dirinya tidak bisa berbuat apa apa, hanya bisa pasrah melihat kondisi sang ayah yang terbaring sakit dan tak berdaya.

“ayah sudah lama mengalami penyakit seperti ini, dan kami pihak keluarga sudah pernah membawa berobat kerumah sakit sekitar 5 tahun yang lalu, dari hasil pemeriksaan tim medis ayah kami menderita penyakit ambien,” ungkap Saddam.

Tgk Yahya terbaring lemah sedang menahan rasa sakitnya, Rabu (4/12) (Foto/Zaman Huri

Setelah mendapat perawatan beberapa hari oleh pihak medis, lanjutnya, ayah terpaksa dibawa pulang dikarenakan keterbatasan biaya dirumah sakit.

Sementara itu, Geuchik Gampong Rantou Panyang Kecamatan Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara Hasanuddin S.Sos menjelaskan jika Tgk Yahya saat ini tinggal serumah bersama istri dan satu anaknya.

Sedangkan anaknya yang lain, lanjutnya, sudah berkeluarga dan membantu Tgk Yahya sealakadar kemampuan yang ada.

Menurut Hasanuddin, Tgk Yahya merupakan salah seorang yang berjasa bagi Gampong, dulu beliau ketika masih sehat pernah menjabat sebagai aparatur, karena kondisi kesehatannya, lalu diistirahatkan.

Hasanuddin menerangkan jika Kondisi kesehatan Tgk Yahya semakin hari semakin parah.

“dulu pernah dibawa kerumah sakit untuk perawatan, lantas terpaksa dibawa pulang karna keterbatasan dana yang dimiliki. Sampai saat ini Tgk Yahya terbaring dan tidak bisa bergerak lagi,” jelasnya.

Saat ini, tambahnya, masyarakat Gampong Rantau Panyang Jambo Aye Aceh Utara sangat mengharapkan ada perhatian dari pemerintah melalui dinas terkait agar dapat meringankan beban Tgk Yahya yang sedang menderita penyakit aneh tersebut. (Zaman Huri)

REKOMENDASI