Kamenag Abdya Luncurkan Kartu Nikah

  • Whatsapp

Kemenag Abdya, Dr H.Iqbal yang didampingi Wakil Bupati Abdya, Muslizat, MT bersama KUA Blangpidie, Khairul Huda,saat memberikan kartu nikah kepada pasangan pengantin bru,Kamis (19/12/2019) (Foto/Mustafa)

Blangpidie | republikaceh.com – Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan Kartu Nikah untuk meningkatkan layanan pencatatan pernikahan. Kartu Nikah akan diberikan kepada pengantin, bersamaan dengan pemberian buku nikah usai dilaksanakan akad nikah.

“Ini diberlakukan bagi pasangan yang menikah setelah aplikasi Simkah (Sistem Informasi Manajemen Nikah) diluncurkan tahun 2019. Jadi, pengantin akan mendapatkan buku nikah dan Kartu Nikah sekaligus,” tutur Dr. H Iqbal, Mag Kemenag Abdya disela-sela launching perdana kartu nikah sekaligus memimpin akad nikah di Masjid Agung Desa Seunaloh, Kecamatan Blangpidie, Kamis (19/12/2019).

Menurut Iqbal, Kartu Nikah merupakan inovasi pelayanan nikah yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag. Kartu Nikah merupakan kartu identitas nikah berbasis teknologi informasi yang mudah dibawa dan memiliki akurasi data.

“Inovasi ini diharapkan output-nya langsung dapat dirasakan masyarakat. Masyarakat kini tidak perlu repot lagi untuk membawa buku nikah, cukup hanya membawa Kartu Nikah saja,” katanya.

Iqbal menjelaskan, Simkah adalah aplikasi berbasis online yang memuat data-data dari pasangan pengantin.

“Aplikasi ini juga akan kita perbaiki untuk bisa terhubung dengan aplikasi data Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) yang dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri,” ucapnya

Di Kartu Nikah yang diluncurkan, lanjutnya, terdapat kode QR yang jika di-scan menggunakan alat scanner, akan terbaca data-data pasangan pengantin yang langsung terhubung juga ke Simkah Web.

Data-data yang terekam meliputi nama pasangan nikah, nomor akta nikah, nomor perforasi buku nikah, NIK, tanggal, dan tempat akad nikah.

“Kartu ini pun di desain dengan fitur pengaman yang baik, sehingga tidak dapat dipalsukan oleh orang lain,” tutupnya. (Mustafa).

REKOMENDASI