46 Peserta Adu Otak di Turnamen Catur Piala KONI Aceh Jaya

  • Whatsapp

Panitia Pelaksana sedang memantau jalannya pemainan catur oleh para peserta, Sabtu (28/12/2019) (Foto/Zahlur Akbar)

Calang | republikaceh.com – Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Aceh Jaya menggelar turnamen Catur yang berlangsung selama dua hari di Kantor KONI kabupaten setempat, Sabtu (28/12/2019).

Sebanyak 46 peserta sedang bertanding setelah Ketua Harian Koni Aceh Jaya, Muslim HS, S.AB resmi membuka dengan resmi Turnamen Catur Piala Koni Aceh Jaya pada Sabtu pagi.

Ketua Panitia, Fajri, S.Ag, mengatakan jika Turnamen Catur Piala Koni Aceh Jaya ini diikuti oleh 46 peserta yang terbagi kedua kategori, yakni kategori umum dan pelajar dalam kabupaten Aceh Jaya.

“Pesertanya ada 46 orang, unsur pelajar dan umum yang dibagi kedalam dua kategori,” kata Fajri yang juga menjabat sebagai Camat Krueng Sabee.

Selain itu, pihak penyelenggara juga sudah menyiapkan hadiah total sebesar Rp. 9 juta untuk kedua kategori.

“Total hadiah ada Rp 9 juta, untuk pelajar Rp 4,500 ribu dan untuk umum Rp 4,500,” terang Fajri.

Sementara itu, Muslim HS, S.AB selaku ketua Haria Koni Aceh Jaya menyampaikan jika event turnamen catur ini dilaksanakan untuk mengasah generasi pecatur Aceh Jaya.

Selain itu juga untuk menghidupkan kembali Cabang Olahraga (CABOR) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) kabupaten Aceh Jaya yang selama ini masa kepengurusan sudah berakhir.

“Kita berharap kepengurusan Percasi Aceh Jaya ke depan lebih aktif lagi, dan berharap para peserta Turnamen Catur hari ini dapat masuk kedalam kepengurusan Percasi ke depan,” pintanya.

Selain itu, pihaknya berharap kepada Cabor Percasi ke depan harus membuat program kerja tahunan, jangan tunggu event dari Koni saja, apalagi anggaran yang dibutuhkan untuk turnamen Catur tidak terlalu besar dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

“Permainan Catur ini sudah dikenal sejak dulu masa Nabi, dulu menyusun strategi atau taktik perang dengan catur, dan sekarang kita bukan waktunya adu otot, tapi adu pikiran, maka kami sangat mengharapkan turnamen ini dapat berjalan dengan sukses dan memuaskan semua pihak,” pungkas Muslim. (Zahlur Akbar).

REKOMENDASI