Pamit Keluar, Seorang Napi di Lapas Calang Belum Kembali

  • Whatsapp

Kepala Lapas Kelas III Calang, Rusli saat memberi keterangan kepada awak media di halaman lapas setempat, Minggu (5/1/2020) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.com – Seorang Narapidana (Napi) inisial M pamit keluar dari Lapas Calang, Aceh Jaya sejak, Sabtu (4/1) malam, hingga Minggu (5/2) sore belum kembali ke lapas.

Saat dikonfirmasi, Kepala Lapas Kelas III Calang, Rusli kepada awak media membenarkan jika ada salah satu warga binaannya yang pamit izin keluar semalam hingga kini belum pulang.

“Saya dapat laporan dari anggota saya tadi pagi pukul 10.00 WIB. Memang benar ada pengeluaran narapida tamping inisial M semalam,” ujar Rusli.

Dirinya mengaku, tidak tahu persis kejadiannya seperti apa. Pasalnya, Rusli baru tiba di Lapas Calang jam 15.00 WIB karena sehubungan juga pelantikan dirinya di Banda Aceh sebagai Kepala Lapas definitif.

Selain itu, lanjut Rusli, dirinya juga mendapat informasi dari Karuksi Pelayanan tahanan jika M dikeluarkan oleh petugas P2O tanpa seizin Plh Kepala Lapas Calang.

“Jadi saya sendiri tidak tahu apa-apa, dan karena resmi dikeluarkan P2O tanpa seizin pimpinan,” ungkap Rusli.

Namun, tambahnya, untuk langkah hukum yang akan diambil, pihaknya sudah melaporkan perihal tersebut ke pihak Polres Aceh Jaya.

“Sudah saya laporkan ke Polres Aceh Jaya atas kasus ini, dan saya serahkan semua kepada penegak hukum jika memang terbukti bersalah dari anggota saya silahkan ditahan,” ujarnya.

Untuk diketahui, Napi M ini merupakan kasus penipuan dengan hukuman dua tahun penjara dan saat ini sudah menjalankan sekitar enam bulan. (Zahlur Akbar)

REKOMENDASI