Warga Enggan Berjualan, Pasar Rakyat Kuala Batee Terbengkalai

  • Whatsapp

Bangunan pasar rakyat kuta bahagia, Kecamatan Kuala Batee terbengkalai pasca dibangun, Rabu (8/1/2020) (Foto/Mustafa)

Blangpidie | republikaceh.com – Bangunan pasar rakyat berlokasi di Desa Kuta Bahagia Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terbengkalai.

Bangunan dibagun beberapa tahun lalu menghabiskan anggaran miliaran rupiah tampak mulai mengalami kerusakan di beberapa bagian serta mulai ditumbuhi semak belukar.

“Sudah kita tinjau langsung bersama pihak dinas dan camat setempat. Ada beberapa poin yang saya dapat setelah melihat langsung dan mendengar penjelasan dari camat dan dinas terkait,” Anggota DPRK Abdya, Zulfan kepada republikaceh.com, Rabu (8/1/2020) di Blangpidie.

Lebih lanjut Kader partai Gerinda ini mengakui bahwa kondisi bangunan pasca tidak digunakan sejak beberapa tahun terakhir, setelah selesai dibangun mulai terdapat beberapa kerusakan. Sehingga, kondisi tersebut membuat para pedagang kesulitan menempati bangunan untuk berjualan.

I Nampak dalam Bangunan pasar rakyat kuta bahagia, Kecamatan Kuala Batee yang terbengkalai pasca dibangun, Rabu (8/1/2020) (Foto/Mustafa)

Menurutnya, bila gedung tersebut ingin digunakan, perlu dilakukan perbaikan di beberapa bagian. bila tidak, Kondisi ini akan membuat para pedagang enggan berjualan, sehingga gedung tersebut tidak akatif.

Namun, lanjutnya, Pemkab Abdya akan mendapat masalah jika mengunakan anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) untuk merenovasi sebab, bangunan tersebut belum ada surat hibah dari pusat.

“Kalau kita renovasi anggarannya tidak besar, tapi kita harus mengantongi surat hibah dulu, kalau tidak, maka tidak bisa kita gunakan anggaran dari daerah,” jelasnya.

Untuk mendapatkan surat hibah tersebut, tamah Zulfan, ada beberapa masalah yang harus dicarikan solusi bersama. Daerah harus menyiapkan foto visual pedagang mulai bekerja dan pembukuan pasar setiap bulan.”Dua poin ini harus kita carikan solusi agar dapat dikeluarkan surat hibah oleh pusat,” pungkasnya. (Mustafa)

REKOMENDASI