Akibat Angin dan Hujan, 70 Rumah Warga Abdya Tergenang Banjir

  • Whatsapp

Banjir menggenangi salah satu rumah warga akibat hujan deras dan angin kencang di Abdya, Kamis (9/1/2020) (Foto/Ist)

Blangpidie | republikaceh.com – Hujan deras serta angin kencang yang melanda Aceh Barat Daya (Abdya) sejak Kamis Sore, (9/1/2020) membuat puluhan rumah warga direndam air.

Berdasarkan laporan yang diterima Republikaceh.com dari Tagana Abdya, sebanyak 70 unit rumah warga mengalami dampak akibat bencana tersebut.

“Data sementara yang kita peroleh sebanyak 70 unit rumah warga yang terdampak banjir. 70 rumah tersebut tersebar dalam Kecamatan Blangpidie, Susoh dan Kecamatan Kuala Batee. Itu sudah termasuk dampak dari puting beliung dan kerusakan akibat tumbang pohon,” ungkap Ketua Tagana Abdya, Yasri kepada republikaceh.com, Jumat, (10/1/2020)

Baca juga: Bank Aceh di Abdya Hibahkan Satu Unit Mobil Untuk Oprasional BFLF

Yasri menambahkan, akibat bencana tersebut juga berdampak pada SMP 2 Susoh. Kemudian, hingga malam di kawasan Desa Kuta Bahagia Kecamatan Blangpidie dan Desa Pawoh Kecamatan Susoh masih digenangi air.

“Dari hasil laporan yang kita terima dari sahabat Tagana Gampong (Desa), ketinggian air diperkirakan mencapai setengah hingga satu meter. Sementara di Desa Kuta Bahagia ketinggian airnya bisa lebih tinggi lagi, sebab kawasan itu sangat dekat dengan Krueng Beukah,” lanjut Yasri.

Baca juga: Hujan dan Angin Kencang di Abdya mengakibatkan Rumah Warga Rusak Parah

Dikecamatan Kuala Batee, sambung Yasri, kawasan Dusun Alue Diwi, Desa Alaue Padee, air sudah mulai menggenangi badan jalan hingga setengah meter lebih. Di kawasan Kecamatan lain, ketinggian air bervariasi menurut tinggi rendahnya pemukiman warga.

“Saat ini kita bersama Dinas Sosial sedang terjun kelapangan untuk melakukan pendataan terkait dampak banjir. Kita berharap masyarakat tetap waspada dan siaga, sebab hingga saat ini Abdya masih dilanda hujan dengan intensitas lebat dan ringan,” pungkasnya. (Mustafa)

REKOMENDASI