Bupati Akmal Lakukan Uji Coba Pupuk Full Organik

  • Whatsapp

Bupati Akmal Ibrahim, SH (kiri) saat dikonfirmasi awak media di salah satu kebun miliknya di Desa Cot Semantok Kecamatan Babahrot, Senin (13/1/2020) (Foto/Mustafa)

Blangpidie | republikaceh.com – Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya ( Abdya ) Akmal Ibrahim, SH terus melakukan upaya meningkatkan produktivitas di sektor pertanian. Salah satunya dengan menggunakan pupuk yang tepat, dengan luas sawah yang tetap, bisa menghasilkan panen yang lebih tinggi.

“Pupuk yang dimaksud adalah dengan menggunakan pupuk full organik tanpa mengunakan bahan kimia ,” jelas Akmal kepada awak media saat di kebun miliknya, Desa Cot Semantok Kecamatan Babahrot, Senin (13/1/2020).

Kembali dirinya menjelaskan, dari hasil uji coba di beberapa tanaman seperti Jagung, Kacang tanaman padi dan cabe, pengunaan pupuk full organik bisa meningkatkan produksi perhektarnya.

“Alhamdulilah, saya sudah lama memakai pupuk organik buatan saya sendiri, namanya pupuk ayahwa, dan hasilnya sangat memuaskan,” ujarnya.

Dengan meningkatnya produktivitas pertanian, lanjut Akmal, maka otomatis pendapatan petani juga semakin meningkat.

“Apabila semula orang enggan bertani karena produktivitas rendah, sehingga income juga rendah. Maka dengan penggunaan pupuk full organik , diharapkan akan bisa mengubah kondisi seperti itu,” bebernya.

Pria yang akrap disapa Ayahwa Akmal mengungkapkan, meskipun pupuk organik ini belum terlalu sempurna.

“Kita ingin ada perubahan yang positif bagi masyarakat tani. Petani bersemangat, panennya meningkat, pendapatan meningkat, maka daya beli mereka pun ikut terangkat,” ujarnya.

Akmal berharap untuk kedepan masyarakat bisa mengembangkan pupuk organik, agar bisa terpenuhi kebutuhan pupuk yang selama ini sulit tersedia dipasaran.

“Na peng gohlom tente na pupok,na pupok gohlom tente na peng”

“Ada uang belum tentu ada pupuk begitu jiga ada pupuk belum tentu ada uang” Pungkas Akmal dalam Bahasa Aceh. (Mustafa)

REKOMENDASI