Ribuan Masyarakat Meriahkan Pacuan Kuda Gayo

  • Whatsapp
Semifinal Pacuan Kuda Gayo yang berlangsung di lapangan Sengeda bertempatan di Desa Karang Rejo Kecamatan Bukit Bener Meriah, Sabtu (1/2/2020) (Foto/Mulia Arimukti)

Bener Meriah | republikaceh – Ribuan masyarakat Gayo menyaksikan semifinal pacuan kuda di lapangan pacuan kuda Sengeda bertempatan di Desa Karang Rejo Kecamatan Bukit Bener Meriah, Sabtu (1/2/2020)

Lomba Pacuan guda tersebut Dalam rangka pelaksanaan Gayo Alas Mountain Internasional Festival Gamefest tahun 2020.

Tentunya, kuda yang menang pada laga tersebut akan masuk babak final yang digelar pada besok, (Minggu, 2/2/2020) di lapangan pacuan kuda yang sama.

Rizkan Fitra, salah satu pengunjung kepada republikaceh menyampaikan jika acara tersebut merupakan ciri khas dari olahraga orang Gayo sejak dahulu kala dan pelaksanaan di saat ini telah menjadi hiburan bagi seluruh masyarakat Gayo.

“Saya selaku masyarakat Bener Meriah sangat bersukur kepada pemerintah daerah telah menyelengarakan acara pacuan kuda tradisional gayo ini, sekaligus acara ini menjadi hiburan bagi masyarakat gayo,” ujarnya.

Ribuan Masyarakat menyaksikan langsung Pacuan Kuda Gayo yang berlangsung di lapangan Sengeda bertempatan di Desa Karang Rejo Kecamatan Bukit Bener Meriah, Sabtu (1/2/2020) (Foto/Mulia Arimukti)

Kepada panitia, pesannya, agar memberikan teguran kepada para penonton dari belakang garis star dan juga lebih memperketat larangan menonton dari dalam lapangan pacuan kuda tersebut

“demi menjaga keselamatan masyarakat dan kita tidak ingin ada korban seperti sebelumnya di hari final besok,” lanjutnya.

Dalam event tahunan ini dirinya berharapa agar pacuan kuda ini bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke Gayo.

“Dengan adanya event tahunan ini, masyarakat Bener Meriah telah merasakan banyak mamfaat dalam meningkatkan pendapatan dan juga bisa meningkatkan pendapatan asli daerah,” paparnya.

Kedepan, tambahnya, Pemerintah Daerah sudah bisa nelakukan perluasan tribun penonton agar dapat menampung ribuan penonton lainnya.

“Pacuan kuda ini sudah menjadi event yang diselengarakan setiap tahunnya,” tutupnya Rizkan. (Mulia Arimukti).

REKOMENDASI