Dandim 0114/Aceh Jaya Himbau Waspada Karhutla

  • Whatsapp
Personil Kodim 0114/Aceh Jaya dan Polres Aceh Jaya Serta Petugas BPBK sedang melakukan pemadaman api di Kawasan Desa Lhok Geulempang Kecamatan Setia Bakti, Minggu (2/2/2020) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh – Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letkol Czi Arief Hidayat menghimbau kepada semua pihak untuk bersama – sama mencegah terjadinya kabakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kawasan Kabupaten Aceh Jaya, Senin (3/2/2020).

Himbauan ini bukan tanpa alasan karena kawasan Aceh Jaya saat sedang dilanda musim kemarau sangat rentan timbulnya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

” Saat ini daerah kita sedang dilanda musim kemarau. Kondisi seperti ini sangat rentan akan timbulnya kebakaran lahan. Mari sama – sama kita antispasi dan cegah bersama – sama, ” kata Dandim, Senin (3/2/2020).

Kepada warga yang ingin membuka lahan pertanian, Dandim meminta agar tidak melakukannya dengan cara dibakar.

“Jangan membuka lahan dengan cara dibakar karena dikhawatirkan tidak terkendali dan menimbulkan kerusakan lingkungan yang lebih besar, ” himbau Dandim.

Dandim juga mengungkapkan bahwa dalam beberapa hari terakhir terpantau titik api dibeberapa kecamatan dalam Kabupaten Aceh Jaya.

“Beberapa hari terakhir terjadi pembakaran lahan di Kecamatan Setia Bakti, Sampoiniet dan Panga. Semuanya bisa kita atasi berkat kerja sama antara jajaran Kodim 0114/Aceh Jaya, Polres Aceh Jaya dan BPDB Aceh Jaya serta warga, “ujarnya.

Untuk memastikan kawasan Aceh Jaya bebas dari Karhutla, Dandim telah mengerahkan jajarannya untuk melakukan patroli dan sosialisasi kepada warga.

“Kita akan patroli bersama kepolisian dan dinas terkait setiap hari dan mensosialisasikan kepada warga agar sama – sama berpartisipasi mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, ” pungkas Dandim. (Zahlul Akbar)

REKOMENDASI