Di Aceh Jaya, 821 Peserta Ikut Tes Guru Kontrak

  • Whatsapp
Peserta Tes Guru Kontrak sedang menjawab soal, Sabtu (8/2/2020) ( Foto/Zahlul Akbar)

Calang | republikaceh – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melakukan tes bagi Guru Kontrak yang berlangsung di Aula BKSDM Kabupaten setempat, Sabtu (8/2/2020).

Tes tersebut diikuti sebanyak 821 peserta dari 1.000 lebih pendaftar yang dibukan secara online oleh Dinas Pendidikan Aceh Jaya. Bagi yang lulus nantinya akan ditempatkan di seluruh Sekolah, mulai dari TK dan SD hingga SMP di Kabupaten tersebut.

“Peserta yang mengikuti tes melebihi dari yang dibutuhkan. sedangkan Dinas Pendidikan Aceh Jaya membuka lowongan kontrak berkisaran hanya 300san lebih,” ungkap Abdur Jabar, Kepala Dinas Pendidikan Aceh Jaya kepada republikaceh.com di sela berlangsungnya kegiatan.

Saat ini, terangnya, peserta yang mengikuti tes di tingkat TK sebanyak 27 orang, SD 429 dan SMP 365 orang.

“Total keseluruhan berjumlah 821 orang yang mengikuti tes melalui seleksi komputer,” Ungkap Jabar.

Jabar menjelaskan, Tes yang sedang berlangsung tersebut juga hampir menyerupai dengan tes CPNS, hanya saja soal dikurangi hanya 50.

Untuk penilaian, tambanya, akan dilakukan oleh Panitia bedasarkan hasil nilai terbanyak akan dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan SK.

“dengan demikian, para penerima SK memang mereka yang memiliki kemampuan,” ujarnya.

Pada saat pelaksanaan tes Calon Guru Honor tersebut juga dihadiri Wakil I DPRK Aceh Jaya, Irwanto, SP dan memantau jalanya kegiatan tersebut

Kepada republikaceh.com saat dimintai tanggapan mengungkapkan jika pelaksanaan sudah sepantasnya berjalan demikian, sehingga tidak terkesan adanya interpensi atau titipan.

Menurutnya, tes ini sudah sangat lumayan berjalan lancar, karena ini tahun pertama diadakan tes calon guru honor di Aceh Jaya

” jika ini berhasil, maka pihak DPR akan mengusulkan ke Bupati Aceh Jaya agar instansi yang lain juga melakukan tes yang sama,” pungkas Irwanto. (Zahlul Akbar)

REKOMENDASI