172 Kepala Desa di Aceh Jaya bentuk APDESI

  • Whatsapp
Proses berlangsunya Muscab APDESI pertama, Sabtu (15/2/2020) (Foto/Mahlil)

Calang | republikaceh – 172 Kepala Desa dalam Kabupaten Aceh Jaya menghadiri pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) pertama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Tahun 2020 di Kantor Desa Dayah Baro Kecamatan Krueng Sabe, Aceh Jaya, Sabtu, (15/2/2020).

kegiatan tersebut juga membahas tentang kinerja 172 Kepala Desa di seluruh Aceh Jaya selama 5 tahun kedepan.

Ketua DPC APDESI Kabupaten Aceh Jaya, T. Ali Munir kepada republikaceh.com mengatakan, sebelum menjadi ABDESI, organisasi tersebut bernama Forum Keuchik (Kepala Desa), kemudian di ubah nama menjadi APDESI.

“Dengan adanya ABDESI ini, diharapkan seluruh Kepala Desa dalam Kabupaten Aceh Jaya mendapatkan sebuah wadah dalam berbagi informasi untuk mampu menetapkan anggaran sesuai dengan Undan – Undang yang berlaku. Jangan ada yang simpang siur dalam hal ini.” Kata Ali.

Peserta Musyawarah Cabang APDESI usai kegiatan berlangsung, Sabtu (15/2/2020) (Foto/Mahlil)

Sementara itu, Muksalmina, Ketua DPD APDESI Provinsi Aceh menyampaikan dengan terbentuknya DPC Kabupaten Aceh Jaya, seluruh Desa dapat berkonsultasi terkait bagaimana menjalankan kewenangan dan hak Gampong (Desa)

“ABDESI ini bisa menjadi jembatan bagi Kepala Desa untuk memperoleh informasi dalam rangka proses percepatan pembangunan gampong (Desa) di Aceh Jaya.” ujarnya.

Keberadaan lembaga ini, lanjutnya, di tingkat nasional sudah sejak tahun 2005.

Lembaga Ini, tambahnya, merupakan lembaga yang konsisten dan dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam hal menyukseskan pembangunan di tingkat Desa.

“Untuk Kabupaten Aceh Jaya, kita amanahkan kepada Munir selaku Ketua DPC Aceh Jaya terpilih,” pungkasnya. (Mahlil)

REKOMENDASI