Abdullah Puteh Berharap Dana Otsus Tepat Sasaran

  • Whatsapp
Senator DPD RI Asal Aceh, Dr. Ir. H. Abdullah Puteh, M.Si (Kanan) bersama Presiden RI, Joko Widodo saat menghadiri Kenduri Kebangsaan di Bireun, Sabtu (22/2/2020) (Foto/Ist)

Bireuen | republikaceh – Kanduri Kebangsaan yang dilaksanakan di gedung Yayasan Sukma Kabupaten Bireuen antara masyarakat Aceh dengan Presiden RI memberikan harapan baru bagi masyarakat Aceh, Sabtu (22/02/2020).

Pasalnya, Presiden RI Jokowi menyatakan bahwa perpanjangan dana otsus setuju untuk di lanjutkan, namun demikian Presiden juga berpesan bahwa kegunaan anggaran dari otonomi khusus harus dilaksanakan oleh pemerintah Daerah baik Pemerintah Aceh maupun Pemerintah Kabupaten/Kota dengan memperhatikan prioritas yang mendesak.

Program tersebut salah satunya sangat penting di garis bawahi adalah menuntaskan kemiskinan di Aceh, karena saat ini Aceh secara nasional berada di tingkatan 14 persen yang sangat signifikan.

Oleh karena itu, Pemerintah Daerah harus bijak dalam memilih dan memilah program-program apa saja yang harus di lakukan, agar keutuhan ekonomi dapat segera pulih dari kesenjangan sosial.

Atas pernyataan tersebut, Senator DPD RI Asal Aceh, Dr. Ir. H. Abdullah Puteh, M.Si menjelaskan pernyataan presiden RI tersebut sangat jelas dan merupakan perintah agar dana alokasi khusus itu tidak di hambur-hamburkan.

“penggunaan yang tidak jelas atau program asal-asalan, justru membuat rakyat lebih menderita,” Jelas Mantan Gubernur Aceh tersebut.

Oleh karena itu, Abdullah Puteh berharap kepada Pemerintah Aceh maupun Pemerintah Kabupaten/Kota agar dalam merancang APBA dan APBD benar-benar ditata kelola dengan baik, sehingga dana tersebut mengarah sepenuhnya,

“terutama dalam memberantas kemiskinan di Aceh dan untuk menghilangkan agar tidak menggunakan anggaran tersebut untuk hal-hal-hal yang konsumtif dan mercusuar,” pungkasnya. (Sudar)

REKOMENDASI