Kebakaran Di Gedung DPR RI, Dipastikan Hanya Sistem Aerosoll Error

  • Whatsapp
Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana, bersama Sekjend DPR RI, Indra Iskandar saat melakukan konferensi Pers di ruang Wartawan Nusantara, di Loby Nusantara III, Rabu (26/2/2020) (Foto/Ist)

Jakarta | republikaceh – Dugaan kebakaran terjadi di DPR RI, ternyata hanya konsleting instalasi aerosoll yang menyebabkan keluarnya asap tebal di Ruang Pimpinan DPR/MPR RI, Gedung Nusantara III, lntai II, Gedung DPR MPR RI Jalan Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat.

Teuku Riefky Harsya, anggota DPR RI, mengatakan, tanggal 24 Februari 2020, pukul 12.00 WIB, di Ruang pimpinan DPR Gedung Nusantara III Gedung DPR MPR RI, terjadi konsleting instalasi aerosoll dan menimbulkan asap tebal seperti terjadi kebakaran.

Pada pukul 12.00 WIB, di Ruang pimpinan mp DPR Lantai II, Nusantara III, Gedung DPR MPR RI, mengeluarkan asap tebal seperti terjadi kebakaran. Saat
kejadian tersebut Pamdal DPR langsung mengevakuasi seluruh karyawan dan langsung menghubungi pemadam kebakaran.

Kemudian, pukul 12.05 WIB, Suku Dinas Jakarta Pusat telah menerjunkan 12 unit Mobil Damkar dipimpin Sunaryo tiba di lokasi untuk mencari sumber api. Setelah dillakukan pencarian titik api dan tidak diketemui, maka pihak damkar memasang alat penghisap asap untuk mengeluarkan asap yang berada di dalam ruangan tersebut. Pukul 12.35 WIB, asap dalam ruangan pimpinan DPR sudah berhasil diatasi, terang Riefky, Rabu 26 Febuari 2020.

“Kasus itu selanjutnya ditangani Polsek Metro Tanah Abang. Situasi aman terkendali.”

Sementara, hasil jumpa pers di ruang Wartawan Nusantara, di Loby Nusantara III, Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana, bersama Sekjend DPR RI, Indra Iskandar, memastikan tidak adanya kebakaran yang terjadi di lantai II, Nusantara III.

Hanya sistem aerosoll mengalami gangguan dikarenakan sistem ini sangat sensitif, sehingga memicu terjadinya pemicu asap keluar. “Pastinya hanya ada kerusakan dari sistem aerosol di lantai II, Nusantara lll,” ungkap Indra Iskandar.

Hal senada turut ditegaskan Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana, tidak ada kebakaran yang terjadi di lantai II, Nusantara III. Tim dari polsek dan polda, sudah melakukan olah TKP di lantai itu dan tidak ditemukan kebakaran. Hanya ada sekitar 10 aerosoll yang rusak, sehingga memicu keluarnya asap.

“Jadi saya tegaskan, bahwa tidak ada kebakaran terjadi. Hanya kepulan asap saja yang disebabkan aerosoll sangat sensitif,” papar Kapolda Metro Jaya Nana. (DP)

REKOMENDASI