Sejak Sebulan Terakhir, Harga Cabai di Pasar Abdya Meningkat

  • Whatsapp
Seorang Pedagang sedang menimbang Cabai untuk di jual kepada pembeli di Pasar Abdya, Sabtu (29/2/2020) (Foto/Ist)

Blangpidie | republikaceh – Harga sejumlah bahan pokok dan bumbu dapur di wilayah pasar Aceh Barat Daya mengalami peningkatan sejak sebulan terakhir.

Saat ini harga cabai kering di jual dengan harga 120 ribu rupiah perkilogram, sebelumnya harga cabai kering di jual dengan harga 80 ribu rupiah perkilogramnya.

Cabai merah saat ini di jual dengan harga 48 ribu rupiah perkilo,biasanya  harga cabai merah di jual dengan harga 35 ribu perkilogram.

Iyar salah seorang pedangang mengatakan, selain  harga cabai juga terjadi kenaikan harga pada wortel dari sebelumnya di jual  6  ribu rupiah perkilogram naik menjadi 9 hingga 10 ribu rupiah perkilogramnya.

“Bukan itu saja, harga buncis dari sebelumnya di jual  8 ribu rupiah perkilogram naik menjadi 12 ribu rupiah perkilogramnya  dan harga tomat dari 6 ribu perkilogram naik menjadi 8 ribu rupiah perkilogramnya,”katanya disela -sela melayani pembeli di Blangpidie, Sabtu (29/2/2020).

Menurutnya, tingginya harga sejumlah bahan pokok dan bumbu dapur selama sebulan terakhir ini disebabkan kekurangan stok bahan baku di daerah dikarenakan sejumlah petani lokal yang baru saja panen memilih menjual hasil panennya ke medan, Sumatera Utara.

“Akibatnya, membuat harga barang di daerah melonjak kerana stok kurang,” lanjutnya.

Iyar menambahkan, Tingginya harga sejumlah bahan pokok dan bumbu dapur membuat minat beli masyarakat menurun.

“Pedangang meminta pemerintah daerah untuk turun tangan  dan menstabilkan harga sejumlah bahan pokok agar daya beli masyarakat bisa normal kembali,”pungkasnya. (Mustafa)

REKOMENDASI